PVMBG: Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Belum Turun

Status level III (Siaga), Gunung Agung Meletus
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memperingatkan agar tak ada lagi orang yang masuk ke zona merah bahaya aktivitas vulkanik Gunung Agung, apalagi sampai naik ke puncak gunung.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Sebab, menurut Kepala PVMBG, Kasbani, sejak status gunung berketinggian 3.142 mdpl ini ditingkatkan dari siaga ke awas atau level IV, aktivitas vulkanik masih tinggi dan belum ada tanda-tanda penurunan.

"Kegempaan tinggi, jumlah kegempaan vulkanik dangkal dan lainnya rata-rata masih berada di atas 700 kali terjadi dalam sehari," kata Kasbani saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 3 Oktober 2017.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Kasbani mengatakan, berdasarkan pantauan PVMBG, sewaktu-waktu Gunung Agung bisa meletus karena aktivitas magma yang terpantau mengarah ke letusan.

"Gas magma juga masih terus mendesak keluar melalui rekahan tanah di dasar kawah. Gas berupa hembusan terus keluar lewat atas yang mengarah ke letusan," katanya.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Kasbani menuturkan, gas dan uap dari aktivitas vulkanik di perut gunung terus mendorong keluar melalui bagian gunung terlemah untuk mencari jalan. "Kawah itu zona lemah, gas magma terus mencari jalan untuk terlepas keluar," katanya.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024