Suhu Uap Air Gunung Agung Sudah 300 Derajat Celsius

Gunung Agung keluarkan asap mengepul
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menjelaskan bahwa aktivitas kegempaan bukan penyebab asap di kawah Gunung Agung yang membumbung setinggi 1,5 kilometer pada Sabtu malam, 7 Oktober 2017.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Asap berwarna dominan putih itu pun bukan abu vulkanik, melainkan sekadar uap air. Soalnya diperkirakan suhu panas sekali di bawah kawah sehingga terjadi akumulasi lalu dilepaskan menjadi uap air.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi PVMBG, I Gede Suantika, suhu uap air di mulut Gunung Agung mencapai titik kepanasan 100 derajat celsius. Sedangkan di dalam perut gunung, uap air kian panas dengan suhu mencapai 200-300 derajat celsius.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Hal yang terjadi pada Gunung Agung pada Sabtu malam itu, lanjut Suantika, adalah aktivitas asap solfatara, bukan letusan. Kemungkinan yang menyebabkan tingginya asap di kawah Gunung Agung ialah curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir. Air hujan masuk ke kawah dan terjadi pemanasan di dalam perut Gunung Agung.

Asap panas itu, Suantika mengingatkan, tetap berbahaya meski tak seberbahaya abu vulkanik. Selain itu bau belerang juga pasti menyengat sedikitnya pada radius 700 meter dari kawah gunung.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Berdasarkan hasil evaluasi hari ini, aktivitas kegempaan Gunung Agung masih kritis. Gempa vulkanik terjadi 500-600 kali, gempa vulkanik dangkal 300-350 kali, dan gempa tektonik lokalnya 60-70. (ren)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024