Beri Santunan Korban Longsor, Mensos Naik Motor Trail

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Iwan Mulyadi

VIVA.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi tanah longsor di Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Selasa 10 Oktober 2017.

Geledah Rumah Juliari Batubara, KPK Sita Sejumlah Dokumen

Di tempat tersebut. Khofifah memberikan Bantuan Santunan Kematian (BSK) kepada empat ahli waris korban yang meninggal dunia. Masing-masing atas nama Arshin (55), Yuyun (35), Aldi (5), Andika (10 bulan) dengan santunan kematian sebesar Rp15 juta perorang. Keempat korban tersebut diketahui adalah satu keluarga.

Untuk mencapai lokasi, Khofifah harus menumpang mobil double cabin sejauh 30 kilometer, dilanjut motor trail sejauh dua kilometer dengan membonceng Kapolsek Sidamulih.

KPK Amankan Sejumlah Dokumen Usai Geledah Kemensos

Saat bertemu kerabat dan ahli waris korban, Khofifah menyampaikan rasa belasungkawa dan simpati yang mendalam atas kejadian tersebut. Khofifah pun memimpin doa untuk para korban meninggal bersama warga setempat.

"Semoga korban meninggal diberikan tempat terbaik di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, kekuatan, dan ketabahan," ungkapnya.

Diproduksi Warga Setempat, Bansos di Kulon Progo Layak Dicontoh

Sebelumnya, pada masa bencana Kemensos juga telah memberikan bantuan logistik bagi pengungsi senilai total Rp251,9 juta terdiri dari paket lauk pauk, alat makan, alat masak, tenda gulung, tenda keluarga, selimut, matras, family kit, dan food ware.

Khofifah mengatakan, Kementerian Sosial juga mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Dumlap sesaat setelah mengetahui Pangandaran diterjang banjir dan longsor. Kedepannya, lanjut dia, Kementerian Sosial akan menginisiasi terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Pangandaran.

Rusun Bagi Masyarakat Berkategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)

Ma'ruf Amin Ingin Rusun PPKS di Bekasi Dibangun Juga di Tempat Lain

Rusun yang dibangun di Bekasi dan Jakarta Timur. Dikhususkan untuk masyarakat berkategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2021