Seperti 1963, Indeks Letusan Gunung Agung Ada di Level III

Gunung Agung keluarkan asap mengepul.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Volcanic Explosivity Index (VEI) atau indeks letusan Gunung Agung saat ini sudah berada pada level III. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Menurutnya, hal itu sama dengan indeks letusan Gunung Agung yang terjadi pada tahun 1963.

"VEI III ya. Samalah dengan tahun 1963," kata Suantika usai rapat koordinasi dengan Menteri Pariwisata di Kantor Bali Tourism Board (BTB), Rabu, 11 Oktober 2017.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Ia memastikan belum ada rencana perluasan zona bahaya jika gunung setinggi 3.142 mdpl itu meletus. Zona bahaya tetap pada radius sembilan kilometer dan sektoral 12 kilometer ke arah utara, timur laut, tenggara, selatan dan barat daya. "Belum ada rencana untuk menambah radius zona merah," ujarnya menegaskan.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan, pihaknya menggunakan pesawat tanpa awak alias drone dimaksudkan untuk mengambil visual dari atas Gunung Agung.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

"Kan selama ini di pinggir saja. Peran data visual itu sangat penting untuk merekam kegiatan vulkanik dari kawah," jelas dia.

Hari ini, PVMBG mendapat fasilitas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan drone untuk merekam secara visual aktivitas kawah gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem tersebut. "Drone-nya satu saja. Satu nanti besok dipakai yang lain. Itu BNPB yang punya," kata dia.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024