Bermasalah saat Pakai E-Toll, Cukup Tekan Tombol Ini

Gerbang tol e-toll.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Seluruh gerbang tol di Indonesia nantinya akan menerapkan sistem pembayaran non tunai. Dengan demikian, tak ada lagi petugas jala tol yang melayani pengguna untuk melakukan transaksi dengan uang tunai sesuai tarif tol.

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless
Meski pada gerbang tol tidak lagi terdapat petugas, dikatakan Vice President Operation Management PT Jasa Marga Tbk, Raddy R. Lukman, pengemudi tak perlu khawatir jika mengalami kendala saat melakukan pembayaran atau transaksi di gerbang tol.
 
Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit
"Sampai saat ini ada orang yang belum pakai GTO karena mereka takut. Pengguna jalan tol ini khawatir kalau ada masalah, kemudian enggak ada orangnya yang bantu. Nah kami pasang ada tombol darurat di GTO tadi," kata Raddy kepada Wartawan, Minggu 15 Oktober 2017.
 
Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023
Kendala yang dimaksud, kata Raddy, seperti kesulitan saat membayar di mesin, atau saat mesin tidak membaca kartu dengan benar. Jadi, kata Raddy, bukan berarti gerbang tol sudah otomatis kemudian tidak ada petugas jaga. Petugas akan tetap ada, hanya saja jumlahnya tidak sebanyak saat gerbang tol masih berbentuk konvensional.
 
"Begitu ada masalah saat pembayaran, apapun itu masalahnya, tinggal pencet itu tombol darurat. Nanti dia bunyi dan akan ada orang (petugas) akan datang membantu," kata Raddy.
 
Penerapan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di jalan tol, diselenggarakan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna saat melakukan transaksi Pembayaran di gerbang tol.
 
Sistem bayar tanpa uang tunai tersebut turut mendukung program Pemerintah yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Non Tunai di Jalan Tol, yang akan dilaksanakan secara nasional pada tanggal 31 Oktober 2017.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya