Wiranto: Banyak Korupsi, Lampu Merah Buat Pilkada Langsung

Menko Polhukam Wiranto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menyoroti banyaknya kepala daerah yang terpilih melalui mekanisme Pemilihan Kepala Daerah, yang terjerat kasus korupsi. Wiranto berpandangan keburukan yang ditunjukkan oleh para kepala daerah itu sedikit banyak diakibatkan juga oleh masih adanya kelemahan dalam sistem demokrasi Indonesia.

Asia Tenggara di Tengah Kepungan ISIS

"Dengan banyaknya pemimpin yang berurusan dengan KPK, maka itu ibaratnya merupakan lampu merah bagi kita untuk segera memperbaiki sistem pemilihan kita," ujar Wiranto saat memberi arahan dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) persiapan Pilkada serentak 2018 di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin, 23 Oktober 2017.

Mantan Panglima ABRI itu meminta para penyelenggara secara bertahap mulai meningkatkan kualitas Pilkada yang diselenggarakan di daerah mereka. Menurut Wiranto, pemerintah juga secara umum berusaha terus meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia dengan berupaya menghilangkan praktik-praktik demokrasi tidak terpuji, seperti politik uang.

Wiranto Ditusuk Ramai Diberitakan Media Asing

Sementara, Wiranto menyampaikan, di tingkat daerah, para penyelenggara bisa berkontribusi dengan berupaya meningkatkan pengawasan terhadap para calon kandidat Pilkada. Wiranto menyampaikan bahwa Pilkada sejatinya adalah mekanisme untuk menentukan pemimpin terbaik untuk suatu daerah.

Dengan demikian, menurut mantan Menteri Pertahanan itu, para penyelenggaranya diharapkan berkontribusi dengan menyaring hanya calon kandidat yang dinilai betul-betul bersih yang akan menjadi peserta Pilkada.

Heboh Arteria Dahlan hingga Wiranto Ditusuk Orang Tak Dikenal

"Di sana-sini kita perbaiki alert kita, kewaspadaan kita, jangan sampai kita gagal memilih pemimpin yang baik," ujar Wiranto. (ren)

Menkopolhukam Wiranto.

Izin Keluar dari RSPAD, Wiranto Siapkan Memori Serah Terima Jabatan

Wiranto diketahui masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2019