Mensos Pantau Seleksi CPNS Lewat Sistem CAT

Mensos Khofifah
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendatangi Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Provinsi Jawa Timur dalam rangka memantau langsung pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi di Kementerian Sosial.

Mensos Risma Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Mensos sangat tertarik dengan penerimaan tes CPNS menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

"Saya ingin melihat dan memastikan bahwa proses test berjalan transparan dan akuntabel," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu 29 Oktober 2017.

Terbitkan Edaran, Mensos Perkuat Pengamanan dan Perlindungan Anak

CAT adalah metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP),  Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade yang sudah ditentukan tim pansel nasional.

Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer.
"Pengoperasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor," ucapnya.

Mensos Beri Bantuan dan Perhatian Anak Korban Kejahatan Seksual

Khofifah mengatakan inovasi teknologi yang digunakan BKN sangat kredibel untuk menjaring dan menyaring CPNS maupun tes kepegawaian lainnya karena tranparansi dan akuntabilitasnya termonitor real time.

Bahkan anggota keluarga yang mengantar CPNS yang sedang tes pun bisa menyaksikan nilai melalui layar monitor yang disiapkan khusus anggota keluarga di ruang khusus. Sehingga usai mengikuti tes, mereka langsung mengetaui apakah lulus atau tidak.

"BKN telah membangun satu sistem yang bisa memberikan garansi terhadap transparansi proses rekrutmen CPNS tahun ini. Prosesnya bisa kita pantau selama peserta mengerjakan tes. Bahkan hasilnya bisa segera diketahui peserta di layar monitor mereka sekira 10 menit setelah mengerjakan semua soal," papar Khofifah.

Berdasarkan basis data yang masuk ke Panitia Seleksi CPNS Nasional sebanyak 29.601 mengunggah berkas lamaran untuk Kemensos. Dari jumlah tersebut yang memenuhi syarat administrasi sebanyak 16.719 calon peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya