Pernikahan Putri Jokowi, 50 Penarik Becak Berseragam Batik

Penarik becak berbaju batik di Kota Solo beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Sebanyak 50 penarik becak yang bertugas mengantar tamu pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memperoleh seragam baju batik.

Berhari-hari Tak Muncul, Gibran Positif COVID-19 Lagi

Batik tersebut wajib digunakan saat prosesi pernikahan pada Rabu, 8 November 2017. Pembagian seragam batik kepada para tukang becak dilakukan di pendopo rumah dinas wali kota Solo, Loji Gandrung.

Penyerahan baju batik dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada perwakilan penarik becak.

Longsor Timbun Sebagian Ruas Tol Semarang-Solo di KM 436

Wali kota Solo yang akrab disapa Rudy itu mengungkapkan, para penarik becak yang bertugas mengantar para tamu memang diberi seragam batik.

Upaya ini dilakukan supaya penampilan mereka terlihat rapi. "Kenapa diseragami batik, karena Solo ibu kota batik, jadi para pengayuh becak nanti akan mengenakan batik pada tanggal 8 November saat resepsi," kata Rudy, di Loji Gandrung, Sabtu, 4 November 2017.

Gibran Akui Penurunan COVID-19 di Solo Belum Stabil: Tenang Saja

Jumlah penarik becak yang mendapat tugas mengantar tamu resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sebanyak 50 orang.

Selain diseragami baju batik, mereka juga harus mengenakan sepatu dan celana panjang.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyerahkan batik.

"Tak hanya rapih saja, karena Solo terkenal keramahannya, nanti para penarik becak ini juga harus ramah dan murah senyum kepada para tamu," paparnya.

Rudy mengungkapkan, para penarik becak akan mangkal di dua kantong parkir yang menjadi lokasi penjemputan menuju gedung Graha Sabha Buana, yakni lapangan Sumber dan lapangan Banyuanyar. 

"Di lokasi penjemputan itu, selain becak juga ada bus yang disiapkan untuk mengantar tamu menuju gedung pernikahan," tutur Rudy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya