Jokowi Tidak Ikut Campur Kasus Setya Novanto

Presiden Jokowi dan Setya Novanto (kanan)
Presiden Jokowi dan Setya Novanto (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Yudhi Mahatma.

VIVA - Istana tidak ingin ikut campur dalam urusan antara KPK dengan Setya Novanto. Karena sudah masuk pada wilayah hukum.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo, mengatakan Presiden Jokowi sudah menegaskan bahwa KPK adalah lembaga independen. Tidak ingin diintervensi.

"Dilakukan oleh KPK sesuai dengan kewenangan KPK, ya silakan saja dijalankan oleh KPK. Presiden tidak ikut campur," kata Johan Budi, di Istana Bogor, Kamis, 16 November 2017.

Bahwa Setya Novanto hingga kini belum diketahui keberadaannya, Johan mengatakan bukan kewenangan pemerintah. Tetapi, menjadi tugas KPK.

Termasuk soal pencarian Ketua DPR itu oleh kepolisian. Walau institusi Polri ada di bawah presiden, namun Johan menegaskan KPK adalah lembaga independen.

"Presiden sudah menyampaikan bahwa ikuti saja aturan sesuai dengan perundangan yang berlaku seperti apa. Tadi kan sudah disampaikan KPK itu lembaga independen yang tidak bisa diintervensi dan juga tidak mau diintervensi. Dia kan punya kewenangan," kata Johan.

Terkait keinginan Setya Novanto bertemu Jokowi, Johan mengaku semua warga berhak untuk memiliki keinginan itu. Tapi harus jelas tujuannya.