Menhan Ingin KRI Bima Suci Ulangi Kejayaan Dewa Ruci

KRI Bima Suci di dermana Tanjung Priuk.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bersama kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi menyambut kedatangan kapal layar latih Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci di dermaga Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta, Kamis, 16 November 2017. KRI Bima Suci diproyeksikan sebagai pengganti KRI Dewa Ruci.

Jawaban Jampidsus Ditanya Kapan Periksa Ryamizard Ryacudu

Ryamizard dalam pidatonya menyampaikan keberadaan KRI Bima Suci untuk meneruskan kejayaan KRI Dewa Ruci yang sudah beroperasi sejak 1953. “Pembangunan kapal layar latih ini untuk meneruskan tradisi kepercayaan, ketangguhan, kejayaan KRI Dewa Ruci,” kata Ryamizard, dalam siaran persnya, Kamis, 16 November 2017.

Dikatakan dia, KRI Dewa Ruci dalam sejarahnya sudah berhasil mengukir prestasi. Salah satunya terkait pelayaran muhibah keliling dunia pada tahun 1964 dan 2012. KRI Dewa Ruci juga membanggakan nama Indonesia di ajang latih internasional di Australia, Amerika, dan Eropa.

Jenderal Ryamizard Masuk RS

"KRI Bima Suci kita harapkan bisa beroperasi dalam waktu yang lebih lama dari KRI Dewa Ruci. Kenapa? Karena, KRI Bima Suci dibangun pada era yang lebih modern dengan teknologi mutakhir," ujar Ryamizard,

Taruna Angkatan Laut berada di KRI Bima Suci.

14 Tahun Gadai Nyawa di Medan Perang, Pria Ini Jadi Pentolan TNI

Taruna TNI AL bersiaga di KRI Bima Suci di Dermaga Tanjung Priuk. ANTARA Foto

Menurut dia, kehadiran KRI Bima Suci berarti memulai operasional untuk melahirkan perwira-perwira TNI AL terbaik. Diyakininya, KRI Bima Suci memberikan kontribusi dalam pemerintahan Joko Widodo di sektor poros maritim.

Kemudian, ia menginginkan agar KRI Bima Suci dibangun dengan karakter kemaritiman menyesuaikan Taruna Akademi TNI AL. Diharapkan hal ini tak menjadi beban, namun sebagai tantangan untuk memacu semangat prajurit. "Harus bangga bila terpilih menjadi pengawak KRI ini," lanjut mantan Kepala Staf TNI AD tersebut.

Ryamizard kembali mengingatkan soal perawatan kapal yang harus dilakukan dengan optimal. Penggunaan jangka panjang sebagai kapal latih mesti menjadi catatan. Karena perawatan KRI ini juga merupakan bukti tanggung jawab kepada rakyat.

"Laksanakan tugas kalian di laut dengan sebaik-baiknya agar kehadiran kalian di laut mampu menjaga kedaulatan dan keamanan bangsa," ujar Ryamizard.

Kedatangan KRI Bima Suci disambut dengan rangkaian acara di dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara. KRI Bima Suci sempat disandingkan dengan KRI Dewa Ruci sebelum proses sandar dengan melakukan penghormatan parade lambung.

Atraksi sendratari dengan tema 'Bima Suci' juga sempat menjadi rangkaian acara kedatangan KRI Bima Suci. Selain Menhan Ryamizard dan KSAL Laksamana Ade Supandi, hadir juga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam penyambutan kedatangan KRI Bima Suci.

Menhan Ryamizard Ryacudu dan KSAL Laksamana Ade Supendi sambut  KRI Bima Suci.

Menhan Ryamizard Ryacudu saat sambutan kedatangan KRI Bima Suci. VIVA.co.id/Istimewa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya