10 Kota di Indonesia Paling Toleran

Kluster kota-kota IKT 2017 oleh Setara Institute
Sumber :
  • Setara Institute

VIVA – Setara Institute dan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) mengeluarkan laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2017. Peluncuran ini sekaligus untuk memperingati Hari Toleransi Nasional yang jatuh pada Kamis, 16 November 2017.

Pesan Idul Fitri Kapolri: Dalam Perbedaan Tercipta Indahnya Toleransi

Adapun tujuan pengindeksan ini antara lain untuk mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi di wilayahnya masing-masing. Selain itu, untuk memicu kota-kota lain untuk turut bergegas mengikuti, membangun dan mengembangkan toleransi wilayahnya.

Sedikitnya terdapat 94 kota di Indonesia yang dikaji dengan melakukan pengindeksan dari hal isu promosi dan praktik toleransi. Pengukuran yang dilakukan Setara Institute ini menggunakan paradigma negative rights sesuai dengan karakter kebebasan sipil politik yang diukur secara negatif.

Buka Bersama Perhimpunan Tionghoa, Istri Gus Dur Ingatkan Kemajemukan Indonesia

“Jadi di sini kami ingin mempromosikan kota yang dianggap berhasil memperjuangkan toleransinya yang kami nilai dari November 2016 hingga Oktober 2017. Ini bisa memicu kota-kota lain untuk mengikuti perencanaan praktik toleransi,” ujar Halili Hasan, peneliti Setara Institute saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 16 November 2017.

Dia menuturkan bahwa Setara Institute juga menggunakan penilaian lain melalui variabel, regulasi pemerintah atau rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan peraturan daerah. Variabel lain meliputi tindakan pemerintah sebagai respons peristiwa, regulasi sosial, dan demografi agama.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Berikut ini 10 kota di Indonesia, dengan skor tertinggi menurut Setara Institute dan UKP-PIP.

1. Manado dengan skor 5,90
2. Pematang Siantar dengan skor 5,90
3. Salatiga dengan skor 5,90
4. Singkawang dengan skor 5,90
5. Tual dengan skor 5,90
6. Binjai dengan skor 5,80
7. Kotamobagu dengan skor 5,80
8. Palu dengan skor 5,80
9. Tebing Tinggi dengan skor 5,80
10. Surakarta dengan skor 5,70

Masing-masing kota tertinggi memiliki skor di atas 5 dalam skala 1-7. Kota dengan nomor urut 1-5 memiliki skor yang sama, demikian halnya dengan kota dengan nomor urut 6-9.

Melihat adanya persamaan skor, Setara Institute tidak mengartikan bahwa Manado berada pada posisi 1 sebagai kota paling toleran. Namun, disebut lima kota dengan tingkat toleransi yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya