Pembebasan Sandera Papua Diwarnai Tembak-Menembak

Warga yang sempat disandera kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura, Timika, Papua, dilaporkan berhasil dibebaskan pada Jumat pagi, 17 November 2017.
Sumber :
  • Dokumentasi Kepolisian

VIVA – Semua warga yang disandera kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura, Timika, Papua, dilaporkan berhasil dibebaskan pada Jumat pagi, 17 November 2017. Sejauh ini dilaporkan semua sandera selamat.

Gerombolan KST Berulah Kembali, Bakar Honai Milik Masyarakat di Papua

Seperti disampaikan seorang sumber di kepolisian, tim pembebasan terdiri atas 300 personel TNI dan Polri. Tim memasuki kawasan yang dikuasai kelompok bersenjata itu, yakni Desa Banti dan Desa Kimbely, pada pukul 04.00 WIT.

Kepala Polda Papua dan Panglima Kodam Cendrawasih dikabarkan memantau langsung operasi pembebasan itu. Mereka berjalan sejauh lima kilometer dari Markas Kepolisian Sektor Tembagapura menuju lokasi penyanderaan di Kampung Utikini.

Upacara Militer Iringi Pemulangan 3 Jenazah Prajurit TNI dari Papua

Awalnya, menurut sumber itu, tim menemui 18 orang sandera, lalu di lokasi berikutnya menemukan 300-an orang. Mereka terdiri atas warga suku Buton, Tator, Maluku, dan Jawa.

Selama operasi pembebasan, terjadi tembak-menembak antara aparat dan kelompok penyandera. Namun, aparat berhasil menguasai keadaan dan mengamankan para sandera, yang disebut berjumlah total 1.300 orang.

KSAD Akan Pimpin Upacara Pemakaman Prajurit TNI Korban Penembakan OPM

"Sekembalinya dari Kimbely bersama sandera, kami berhasil mengevakuasi seluruh sandera sampai ke (Markas) Polsek Tembagapura, namun kami sempat ditembaki dari bukit di Utikini bersama pangdam," kata sumber itu.

Polisi mengklaim situasi di lokasi penyanderaan itu sudah kondusif dan semua sandera telah dievakuasi ke tempat aman. Sebagian aparat dalam operasi masih memburu kelompok kriminal bersenjata itu yang lari ke hutan.

VIVA Militer: Prajurit TNI yang ditembak OPM dirawat.

Pratu Herianto, Korban Kebiadaban Teroris OPM Diterbangkan ke Timika

Pratu Herianto adalah prajurit TNI AD dari satuan Yonif Raider 408/SBH

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022