Muncul Lubang di Kawah, Tanda Gunung Agung Sedang Krisis

Lubang di dalam kawah Gunung Agung.
Sumber :
  • Magma Indonesia

VIVA – Sebuah lubang baru tercipta di dasar kawah letusan Gunung Agung. Lubang itu ditemukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dalam misi pemantauan udara dengan menggunakan pesawat tanpa awak alias drone.

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Lubang baru di itu teramati tercipta tepat di tengah kawah letusan Gunung Agung. Penampakan lubang itu terekam jelas oleh kamera pemantauan yang terpasang di drone.

"Ya, sudah ada lubang di tengah kawah itu, lubangnya lebih besar di tengah-tengah," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika di Kantor BPBD Provinsi Bali, Jumat 24 November 2017.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Dari hasil pengamatan drone yang diterbangkan pagi tadi, lubang itu terpantau begitu jelas. Menurut Suantika, dari hasil analisis dan perhitungan visual, diameter lubang itu sebesar 50 meter.

"Artinya, krisis Gunung Agung dari September hingga November, itu yang paling besar secara visual di permukaan. Selama ini kan hanya kegempaan saja. Secara visual tidak nampak, gunungnya terlihat tenang, tapi di dalam terjadi pergolakan," katanya.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Dalam beberapa hari ini, PVMBG secara rutin menerbangkan drone melintasi puncak gunung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali, untuk mengetahui kondisi kawah gunung terutama usai terjadi letusan freatik.

Misi drone berjalan mulus dan selalu mampu merekam kondisi kawah, hanya saja kondisi dalam kawah selalu sulit teramati karena adanya kabut dan awan tebal.

Lihat video berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya