Pergerakan Magma di Gunung Agung Terus Diwaspadai

Lubang di dalam kawah Gunung Agung.
Sumber :
  • Magma Indonesia

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memantau pergerakan magma Gunung Agung, Bali. Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika menerangkan, perpindahan titik magma dari sebelah utara hingga persis ke bawah Gunung Agung perlu untuk terus diamati.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Sebab hal itu berkaitan dengan aktivitas isi perut Gunung Agung. "Kita menunggu perpindahan titik magma dari utara Gunung Agung sampai ke bawah gunung api itu. Kalau sudah di sana (di bawah Gunung Agung), kemungkinan letusan magmatik akan segera terjadi," kata Suantika di Denpasar, Jumat, 24 November 2017.

Menurut dia, perpindahan magma berkaitan dengan aktivitas kegempaan yang terekam di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Badung. Saat ini, posisi magma masih berada di kedalaman yang cukup jauh, yakni lima hingga 10 kilometer. "Posisi magma itu masih sesuai dengan gempa tektonik lokal. Masih sekitar lima sampai 10 kilometer," ujarnya.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Gunung Agung telah mengalami letusan pada Selasa, 21 November 2017, pukul 17.05 WITA. Tipe letusan freatik itu terjadi oleh sebab uap air yang tercipta menyentuh massa panas di dalam perut gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut tersebut. Pada saat letusan freatik terjadi, Gunung Agung menyemburkan abu vulkanik bersamaan dengan kepulan asap kelabu yang membumbung setinggi 700 meter.

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019