Gunung Agung Meletus, 8 Penerbangan dari Australia Batal

Gunung Agung di Bali kembali meletus.
Sumber :
  • PVMBG

VIVA – Gunung Agung kembali meletus. Letusan diketahui terjadi pukul 17.20 WITA dan baru teramati pukul 17.30 WITA. Asap kelabu-kehitaman membumbung setinggi 1.500 meter. Imbas dari letusan itu, sejumlah penerbangan dari Australia menuju Bali dibatalkan.

Gunung Agung Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Terlontar Setinggi 2 Km

Bahkan, maskapai penerbangan JQ37 yang sudah take off dari Darwin kembali ke Melbourne. Communication & Legal Section Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, membenarkan ada delapan penerbangan dari Australia tujuan Bali yang membatalkan keberangkatannya.

"Ada delapan penerbangan yang cancel. Cancel flight ini murni kebijakan airline. Bandara masih tetap beroperasi normal," kata Arie, Sabtu 25 November 2017.

PVMBG: Asap Kawah Gunung Agung Bali Bertekanan Lemah

Delapan maskapai yang membatalkan penerbangan itu yakni JQ37 Darwin-Melbourne, JQ38 Denpasar-Sydney, JQ116 Perth-Denpasar-Singapura, JQ128 Denpasar-Adelaide, JQ127 Darwin-Adelaide, JQ35 Denpasar-Melbourn, JQ36 Denpasar-Melbourn, JQ102/101 Townsville-Denpasar-Townsville.

"Perihal cancel fight dari Jet Star itu memang kebijakan Airline-nya sendiri. Yang pasti diawali dengan preliminary evaluasi risiko penerbangan dari dan ke Bali," tuturnya.

Gunung Agung Erupsi, Muntahkan Lava Sejauh Tiga Kilometer

Menurut Arie, kepastian status penerbangan sepenuhnya diserahkan kepada maskapai.

"Airport masih normal berikut ruang udaranya. Tactical guidance rute pesawat masih applied sesuai flight plan, sesuai destinasi awal. Belum ada pengalihan ke bandara alternatif," tuturnya. (one)

Gunung Agung erupsi Minggu malam 12 Mei 2019

Gunung Agung Erupsi Minggu Malam, Muntahkan Lava Pijar 3 Km

Gunung Agung berada di status level III.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2019