Sudah Tiga Letusan Terjadi di Gunung Agung

Aktivitas erupsi Gunung Agung di Kabupaten Buleleng Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Aktivitas erupsi Gunung Agung Bali terus bergulir.Terpantau hingga Sabtu, 25 November 2017, pada pukul 19.00 kembali terjadi letusan. Dengan ini, tercatat sudah tiga kali letusan terjadi di Gunung Agung.

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Letusan pertama yakni pada Selasa, 21 November pada pukul 17.05, lalu dua kali letusan pada hari Sabtu yakni pukul 17.20 dan 19.00 waktu setempat.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) I Gede Suantika, untuk letusan ketiga tidak teramati secara visual karena gunung tertutup kabut.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Tapi terpantau dari pos pengamatan melalui alat yang kami miliki," katanya.

Sejauh ini dilaporkan akibat letusan itu, abu vulkanik berwarna abu kehitaman membumbung setinggi 1.500 meter. Akibat kejadian itu juga, sebanyak 16 penerbangan dari Australia menuju Bali pun terpaksa dibatalkan.

Deretan Penerawangan 2024 Nostradamus, Salah Satunya Bencana Mengerikan

"?Cancel flight ini murni kebijakan Airline," kata Communication & Legal Section Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim.

Meski begitu, Arie memastikan saat ini aktivitas Bandara I Gusti Ngurah Rai tetap beroperasi normal dan tidak menemui kendala.

"Airport masih normal berikut ruang udaranya?. Tactical guidance rute pesawat masih applied sesuai flight plan, sesuai destinasi awal. Belumada pengalihan ke bandara alternatif," katanya.

Berikut daftar penerbangan yang dibatalkan menuju Bali:
Kedatangan
Jet Star: 4
KLM: 1
Qantas: 1
Virgin air: 1
Total: Tujuh penerbangan

Keberangkatan
Jet Star: 5
Virgin Air: 3
KLM: 1
Total: 9 penerbangan (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya