Enam Korban Tanah Longsor Pacitan Belum Ditemukan

Longsor di Pacitan, Jawa Timur
Sumber :
  • Agus tvOne

VIVA – Tanah longsor terjadi di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Pacitan, Jawa Timur. Tebing setinggi 40 meter longsor menerjang dua rumah warga hingga rata dengan tanah.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Akibat longsor, tujuh orang hilang tertimbun tanah longsor. Sementara tim gabungan TNI, Polri dan SAR kembali melakukan evakuasi di lokasi bencana setelah sempat dihentikan selama dua hari karena jalan terputus.   

Berdasarkan laporan tvOne, pencarian kali ini melibatkan 170 personel gabungan TNI, Polri dan SAR. Titik pencarian melibatkan di Dusun Duren, lokasi rumah tertimbun longsor dengan empat orang masih tertimbun tanah longsor.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

"Semua elemen menuju Dusen Duren untuk mencari empat jenazah yang sampai haru ketiga belum ditemukan," kata Kapten Agus Setyawan, Kasatgas Tim Pencarian Kebonagung.

Setelah jenazah di sini ditemukan, personel akan bergerak ke Desa Sidomulyo karena di sana masih ada dua jenazah yang belum ditemukan. Selain itu, pasukan K9 anjing pelacak juga sudah diterjunkan untuk mencari keberadaan korban hidup atau tewas. Namun upaya tersendat medan terjal yang masih rawan longsor dan evakuasi yang masih menggunakan alat seadanya.
 
"Proses evakuasi TNI dan Polri kita mulai menurunkan anjing pelacak untuk membantu mencari korban tanah longsor," ujar AKBP Deny Abraham, Kasumdit Sabhara Polda Jatim bidang SAR.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Sementara saat ini, evakuasi belum berhasil menemukan korban yang terindikasi masih tertimbun tanah longsor. (ren)

Laporan: Agus tvOne

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024