Angin Kencang Landa Belasan Kecamatan di Garut

Sebuah pohon tumbang di Garut, Kamis, 30 November 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat.

VIVA – Tak hanya di kawasan pantai, siklon tropis Dahlia juga melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tercatat lebih dari 15 Kecamatan di Garut dilanda angin kencang sehingga mengakibatkan kerusakan rumah akibat tertimpa pohon tumbang.

BMKG: Angin Kencang hingga Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi sampai 11 April

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  Garut, Imat mengatakan, tercatat tujuh rumah di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan Garut yang rusak berat tertimpa pohon tumbang. Selain itu, tujuh rumah dan dua bangunan sekolah di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora Garut mengalami nasib serupa.

"Kami masih terus mendata, jadi dilaporkan sekitar 15 kecamatan dilanda angin kencang, titik-titiknya menyebar," ujarnya, Jumat 1 Desember 2017.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Jakaria, mengimbau masyarakat agar tidak panik namun selalu waspada. Masyarakat diupayakan menghindari pepohonan besar saat terjadi angin kencang.

"Termasuk para pengendara yang juga harus berhati-hati saat diperjalanan," ujarnya.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Dadi juga merinci, beberapa daerah yang rawan pohon tumbang, di antaranya di Kecamatan Banyuresmi, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Kadungora dan hampir seluruh kecamatan di wilayah Garut selatan. "Semoga cuaca buruk kali ini tak terlalu parah," kata Dadi. (ren)

Ilustrasi - Cuaca ekstrem yang melanda wilayah perairan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

BMKG:  Bibit Siklon 96S Kuatkan Potensi Cuaca Ekstrem pada Masa Arus Mudik

BMKG memprakirakan potensi terjadinya cuaca ekstrem selama arus perjalanan mudik Idul Fitri 2024 di wilayah Jawa Timur hingga beberapa daerah di Indonesia bagian timur.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024