Pilot Lion Air Nyabu, Kemenhub Minta Semua Harus Tes Urine

Pesawat Lion Air.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso meminta pemeriksaan urine kepada seluruh pilot dan awak kabin, terutama pada maskapai Lion Air. Pemeriksaan tersebut setelah beberapa kali kru Lion Air tertangkap menyalahgunakan narkotika.

Bandar Besar Narkoba Murtala Manfaatkan Pemilu dan Jadikan Masjid Lokasi Selundupkan Sabu

Bahkan, baru-baru ini Pilot Senior maskapai Lion Air berinisial MS (48) tertangkap tengah menggunakan narkotika jenis sabu di salah satu hotel di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Saya minta kepada pihak maskapai untuk menscreening pilot-pilot nya, saya minta dalam hal ini untuk disempurnakan sampling-nya, karena yang dia pakai itu sampling region, karena hanya dilakukan di tempat-tempat yang riskan," kata Agus di Tangerang, Kamis, 7 Desember 2017.

Patung Ikan Asal Malaysia Isi Serbuk Kokain Digagalkan Petugas Bandara Soetta

Pihaknya menekankan agar seluruh crew diperiksa. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada para penumpang. Disinggung soal pencabutan lisensi, Agus menjelaskan akan menunggu hasil dari BNN.

"Nantinya apakah hasilnya recovery atau tidak, setelah itu baru kemudian kami putuskan untuk mencabut lisensi nya atau tidak. Tapi untuk sekarang sudah kami lakukan unfit kepada yang bersangkutan," tutur Agus.

Bea Cukai Juanda Turut Musnahkan Narkotika di Kejari Surabaya

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, akan memberikan sanksi tegas bagi maskapai, pilot ataupun pramugari yang terjerat penyalahgunaan narkotika.

Bea Cukai gagalkan upaya penyelundupan narkoba

Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional

Petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta menggagalkan upaya penyelundupan narkoba dengan berbagai modus penyembunyian pada barang kiriman.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024