Jenderal Gatot: Pak Hadi Atasan Saya, Tak Etis Nasihati Dia

Pelantikan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Presiden Joko Widodo memanggil Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Gatot Nurmantyo, usai pelantikan panglima. Usai pertemuan, Jenderal Gatot mengaku tak menitipkan hal khusus ke penerusnya. Gatot mengaku tidak memberi pesan apa-apa, sebab sekarang dia merupakan bawahan Hadi.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

"Karena Pak Hadi sekarang adalah atasan saya. Karena sejak tadi disampaikan dalam Keputusan Presiden, sejak ditandatangani surat ini maka secara resmi, de facto, de jure, adalah Pak Hadi (Panglima TNI). Maka tidak etis saya memberikan nasihat ke Pak Hadi," jelas Jenderal Gatot, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 8 Desember 2017.

Jenderal Gatot mengatakan, saat ini dia hanya sebagai perwira tinggi di lingkungan Mabes TNI. 

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Untuk program yang telah dilaksanakan selama menjabat dua tahun lebih, Gatot mengatakan tidak ada yang khusus. Sebab semua program Panglima TNI dibuat bersama-sama, dengan para Kepala Staf TNI.

"Tidak ada program-program khusus hanya berdasarkan prioritas sesuai dengan kondisi situasi tahun tersebut. Begitu ya dan selama ini saya dan Pak Hadi kan bersama-sama terus. Markasnya tinggal jalan kaki saja, jadi tidak ada masalah lagi," jelas mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu.

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

Jenderal Gatot akan memasuki pensiun atau purnawirawan, pada 1 April 2018. Ia digantikan oleh Hadi, yang menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Hadi sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Militer Presiden Jokowi sejak 2015. Pada 2016, ia dipromosikan menjadi Irjen Kementerian Pertahanan, hingga kemudian diangkat menjadi KSAU.

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024