Jokowi Pelapor Gratifikasi Perorangan Terbaik

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai individu terbaik dalam pelaporan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sikap Jokowi ini diharapkan KPK bisa dijadikan contoh.

Dilaporkan ke KPK, Gubernur Edy: Senang Orang Ini Penjarakan Saya

Hal itu disampaikan Ketua KPK Agus Raharjo, dalam acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta.

"Untuk perorangannya, tapi ini sebaiknya menjadi contoh. Perorangan yang mendapatkan penghargaan tertinggi laporan gratifikasi adalah Presiden RI, kedua Wakil Presiden, ketiga adalah Menteri Agama," jelas Agus, Senin 11 Desember 2017.

Dikasih 1 Truk Jeruk, KPK Ingatkan Jokowi untuk Tolak Gratifikasi

Selain penilaian individu, ada juga lembaga atau instansi. Namun, akan dibacakan pada kesempatan yang lain.

Agus mengatakan, penghargaan sebagai pelapor gratifikasi tertinggi ke Presiden Jokowi, karena selama ini memang sudah melakukan itu. Bahkan sebelum menjadi Presiden ke-7 RI.

KPK: Kesadaran Lapor Gratifikasi Penyelenggara Negara Masih Rendah

"Sebelum beliau jadi Presiden, bahkan sudah menyerahkan barang-barang yang tanda kutip dianggap sebagai gratifikasi," jelas Agus.

Saat menjadi gubernur, sejumlah pemberian seperti gitar dari Metallica juga diserahkan ke KPK. Terakhir, pemberian album piringan hitam Metallica dari PM Denmark, saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, juga diserahkan oleh Jokowi ke KPK.

"Mudah-mudahan yang dilakukan Bapak Presiden menjadi contoh kita semua," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya