JK: Cegah Banjir Bukan Hanya Tugas Pasukan Oranye

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, upaya pencegahan bencana banjir di Jakarta sejatinya bukan hanya tugas dari Pemerintah Provinsi DKI.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut JK, guna menimbulkan rasa tanggung jawab serta kepemilikan atas kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI yang dipimpin Gubernur Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno harus melibatkan warga dalam upaya pencegahan banjir.

“Wajibkan semua orang bersihkan selokan depan rumahnya. Berikan mereka semua sekop untuk menyekop sampah-sampah, langsung satu juta orang yang bekerja bersihkan Jakarta, bukan hanya (pasukan) baju oranye," ujar JK saat memberi penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, 11 Desember 2017.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Lagipula, JK melanjutkan, banjir yang jamak melanda Jakarta setiap musim penghujan pada dasarnya disebabkan oleh hal yang sederhana, yaitu meluapnya saluran-saluran air karena limpahan air terlalu besar. Sementara itu, merupakan hal yang umum juga di Jakarta jika saluran-saluran air itu tersumbat sampah.

JK berpandangan, solusi yang ditawarkannya adalah hal yang tepat dan bisa dijalankan supaya semua warga Jakarta secara bersama-sama mencegah bencana banjir.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Tentu itu sesuatu hal cerdas. Bagaimana menimbulkan partisipasi masyarakat untuk hidup bersama agar kota layak huni," ujar JK.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024