Gunung Agung Kembali Meletus, Abu Mengarah ke Bandara

Gunung Agung Masih Keluarkan Asap Bercampur Abu Vulkanik
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Gunung Agung kembali erupsi. Sejak beberapa hari terakhir gunung setinggi 3.142 mdpl itu terus meletus meski masih dengan skala yang kecil. Bersamaan dengan itu, abu vulkanik juga ikut dimuntahkan. Hari ini gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu erupsi lagi. Ketinggian asap kelabu bercampur abu vulknik membumbung dari puncak kawah setinggi 1.000-1.500 meter.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

"Ya benar erupsi lagi. Berapa kali dan jam berapanya saya harus lihat data dahulu. Saya masih rapat, sebentar saya kabari," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana saat dihubungi melalui telepon selular, Selasa, 12 Desember 2017.

Sementara itu, arah angin mengarah ke selatan menuju Bandara Ngurah Rai. Beberapa  warga di beberapa titik melaporkan merasakan hujan abu vulkanik. Termasuk di Pos Pengamatan Gunung Api Agung. Dalam laporan periodik yang disusun PVMBG disebutkan hujan abu mengguyur meski tipis. Menurut Devy, muntahan abu vulkanik tak mengganggu aktivitas penerbangan.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

"Kalau ketinggian abu 6.000 meter dari permukan laut baru akan terpengaruh pada rekomendasi jalur penerbangan akibat aktivitas Gunung Agung. Sejauh ini belum berpengaruh, VONA masih oranye," kata Devy. 

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024