Pakai Mobil Listrik ITS, Jokowi Resmikan Tol Sumo

Mobil Listrik ITS yang akan dijajal Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Sumo di Gerbang Tol Warugunung pada Selasa siang, 19 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto atau Tol Sumo seksi IB, II dan III di Gerbang Tol Warugunung Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 19 Desember 2017. Saat peresmian, Jokowi bakal menunggangi mobil listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Hal yang menarik, pada peresmian Tol Sumo ini Jokowi direncanakan menjajal mobil listrik karya mahasiswa ITS Surabaya. Mobil listrik yang akan ditunggangi Jokowi yakni mobil Ezzy II. Selain itu, beberapa mobil listrik ITS juga akan dipamerkan di lokasi, seperti satu unit supercar Lowo Ireng, dua unit motor listrik Gesits, dan satu unit bus bertenaga surya dan listrik.

"Mobil dan motor yang akan ditunjukkan ke Pak Presiden ini telah diuji coba selama dua malam terakhir ini dan sekarang telah siap untuk digunakan saat peresmian Tol Sumo," kata Ayuning Fitri Desanti, salah satu teknisi mobil listrik ITS.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Pakai Mobil Listrik ITS, Jokowi Resmikan Tol Sumo

Total panjang tol yang akan diresmikan yakni 15,4 kilometer. Masuk dari Bundaran Waru, tol ini melintas dari Sepanjang sampai Krian. Sebelumnya, tol baru itu baru beroperasi dari Krian sampai Jombang. Tol Sumo empat dipakai satu lajur secara fungsional pada musim mudik-balik Lebaran lalu untuk mengurai kemacetan.

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

Pengoperasian Tol Sumo dipastikan akan melancarkan transportasi dari Surabaya sampai Jawa Tengah. Waktu tempuh bakal terpangkas secara signifikan, dibandingkan melewati jalur arteri yang kerap macet di titik-titik tertentu.

VIVA menjajal tol dari gerbang Tol Bandar di Kertosono, Kabupaten Nganjuk, sampai Gerbang Tol Krian, Kabupaten Sidoarjo, pada Senin malam kemarin. Masuk sekira pukul 22.50 WIB dari Tol Bandar, mobil sampai Gerbang Tol Krian sekira pukul 23.21. Dengan kecepatan sekira 80-100 kilometer per jam, Kertosono-Krian ditempuh hanya setengah jam, lebih singkat dari biasanya 2,5 jam perjalanan. (ase)

Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024