Aksi Mengerikan Tim SAR Bawa Mayat dari Kawah Gunung

Tim SAR Bengkulu saat evakuasi mayat di kawah Gunung Kaba.
Sumber :
  • Basarnas

VIVA – Seorang petugas Badan SAR Nasional rela mempertaruhkan nyawa, hanya demi bisa membawa pulang jenazah seorang warga yang jatuh ke dalam kawah Gunung Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

Dua ABK Hilang Usai Kapal Nelayan Dihempas Ombak Tinggi

Aksi heroik dan sangat berbahaya itu dilakukan anggota SAR Provinsi Bengkulu pada Senin 18 Desember 2017.

Berdasarkan rekaman video yang dirilis Basarnas melalui akun Twitter resminya, Selasa 19 Desember 2017, terlihat detik-detik bagaimana seorang anggota tim SAR dengan sangat turun ke dalam kawah aktif Gunung Kaba, dalam kondisi cuaca mendung dan lokasi ditutup kabut putih tebal.

Enam Orang Korban Perahu Terbalik di Bengawan Solo Belum Ditemukan

Anggota SAR itu turun hanya seorang diri ke dalam jurang kawah yang sangat terjal itu. Dia turun berbekal alat pengaman memanjat tebing dan sebuah kantung mayat.

Meski medan tebing di jurang kawah itu sangat berbahaya dan jasad berada di kedalaman lebih dari 100 meter. Tetapi, tak memakan waktu lama, tim SAR itu berhasil membawa jasad warga itu ke atas gunung. 

Cari HP Pacar Jatuh di Sungai, Remaja di Surabaya Tewas Mengenaskan

Tampak jelas tim SAR yang mengevakuasi jasad itu mengalami kelelahan berat. Bahkan, ketika jasad berhasil dievakuasi, tim SAR ini kehilangan keseimbangan tubuh dan nyaris jatuh ke jurang. Dia akhirnya terpaksa dibopong untuk mendapatkan pertolongan medis.

Berdasarkan data Basarnas, korban tewas yang dievakuasi itu bernama Warnadi berusia 31 tahun warga Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang, Rejang Lebong Bengkulu. Dia jatuh ke kawah sehari sebelum ditemukan dan dievakuasi.

Lihat video detik-detik penyelamatan berikut: 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya