Hati-hati, Bencana Diprediksi Masih Terpa Indonesia di 2018

Ilustrasi/Penanganan bencana longsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA –  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho memprediksi Indonesia masih akan diterpa bencana pada 2018. 

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Sutopo  menjelaskan, prediksi bencana yang bakal terjadi yaitu bencana banjir, longsor, dan puting beliung yang masih akan mendominasi bencana selama tahun depan. "Diperkirakan lebih dari 90 persen adalah bencana hidrometeorologi," ujar Sutopo di kantornya, Jakarta Timur, Kamis, 21 Desember 2017. 

Menurut dia, bencana hidrometeorologi diperkirakan bakal berlangsung pada musim penghujan yaitu November 2018. "Diperkirakan longsor akan menjadi bencana yang paling banyak menimbulkan korban jiwa," katanya. 

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Sementara itu, untuk kasus kebakaran hutan dan lahan masih akan terjadi pada tahun depan. Untuk itu, Gubernur Sumatera Selatan harus dapat mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan di daerah itu. 

Hal itu demi suksesnya ajang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. "Sumsel rawan karhutla, apalagi Agustus-September adalah puncak musim kemarau," katanya. 

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya
Banjir Melanda Rusia, Lebih dari 15.000 Rumah Terendam

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Pihak berwenang Rusia mengatakan jumlah rumah yang terendam akibat banjir di Rusia telah melampaui 15.000, menurut laporan media pemerintah pada hari Senin 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024