Liburan Natal dan Tahun Baru, Bali Mulai Dipadati Wisatawan

Kawasan wisata Geopark Gunung Batur, Kintamani, Bali
Sumber :
  • ANTARA/Fikri Yusuf

VIVA – Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dimanfaatkan untuk berlibur ke Bali. Di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, puluhan ribu orang datang sejak kemarin baik dari dalam maupun luar negeri.

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Bidang Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Sherly Yunita menjelaskan, hari ini kedatangan penumpang di terminal domestik sebanyak 17.978 orang. “Jumlah itu naik naik 5 persen dibanding hari sebelumnya sebanyak 17.122 ribu penumpang,” kata Arie, Minggu, 24 Desember 2017.

Peningkatan turis ke Bali juga terjadi di terminal kedatangan internasional. Hari ini terpantau sebanyak 15 ribu penumpang mancanegara tiba di Bali. Jumlah itu meningkat 21 persen dibanding kemarin sebanyak 14.134 penumpang.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Dibanding libur Natal dan Tahun Baru 2016, jumlah kedatangan domestik meningkat sebanyak 5,36 persen. “Jumlah kedatangan domestik pada tahun sebelumnya di hari sama sebanyak 17.063 penumpang,” ujarnya.

Begitu juga dengan kedatangan di terminal internasional yang mengalami peningkatan sebesar 7,10 persen. pada tahun lalu jumlah turis asing yang mendarat di Bali pada hari yang sama sebanyak 14.005 orang.

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

Di sisi lain juga terjadi peningkatan jumlah kedatangan pesawat. Untuk domestik naik sebesar 7, 14 persen di mana pada tahun lalu di hari yang sama jumlah pesawat dalam negeri yang tiba di Bali sebanyak 111, sementara tahun ini sebanyak 124 pesawat.

Hal sama juga terjadi pada kedatangan pesawat internasional di mana tahun lalu di hari sama sebanyak 66 pesawat sementara tahun ini 81 pesawat. Itu artinya terjadi penambahan sejumlah 22,73 persen.

“Untuk extra flight pesawat yang datang sebanyak 7 flight sementara keberangkatan sebanyak 8 penerbangan,” tutur Sherly. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya