Kemenhub: Waspadai Arus Balik Natal 2017

Antrean kendaraan di pintu Tol Cipali.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kesiapan dan infrastruktur saat Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 berjalan lancar. Meski demikian masih terdapat kemacetan di sejumlah titik.

Melayat ke Rumah Duka Putu Satria, Menhub Budi Karya Janji Percepat Pembenahan STIP

"Di jalan-jalan tol praktis berjalan lancar," kata Budi Karya, di Kantor Cabang Jasa Marga, Cikarang Utama, Jawa Barat, Minggu 24 Desember 2017.

Kenaikan jumlah kendaraan, justru terjadi di jalan tol yang menuju Bandara Soekarno-Hatta. Budi mengatakan, hal itu sudah diprediksi, seiring dengan kenaikan jumlah penumpang sektor transportasi udara.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Untuk yang ke bandara, lanjutnya, kenaikan jumlah kendaraan lebih dari 24 persen. Namun dinilai normal, karena masyarakat mulai memilih menggunakan moda transportasi udara. Antisipasi kepadatan, tetap pada tol Cipali. Menurutnya, kenaikannya cukup signifikan.

"Bahwa ada sesuatu sulit dihindari macet memang ternyata dari kalkulasi yang ditemukan ada suatu kenaikan signifikan ke Cipali 58 persen," ujarnya.

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Maka, pihaknya akan terus mengantisipasi arus balik Natal lagi, yang diprediksi puncaknya akan terjadi pada 26 Desember 2017. 

Arus balik tersebut, pemerintah memprediksi akan 90.520 kendaraan yang kembali masuk ke Jakarta pada 26 Desember 2017. Pada saat itu, diperkirakan menjadi puncak balik Natal. Jumlah itu 27,49 persen dari jumlah normal yakni 71 ribu kendaraan.

Maka untuk menghindari kemacetan parah itu, Budi mengatakan akan mencoba agar kendaraan tidak semua menggunakan Cipali. Tetapi bisa melalui jalur selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya