Menag dan Ketua IDB Bahas Pengelolaan Daging Dam Jemaah Haji

Menag bertemu dengan Ketua IDB bahas pengelolaan Dam Jemaah Haji RI
Sumber :
  • www.kemenag.go.id

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berkunjung ke Arab Saudi. Pada hari keempat, Lukman bertemu dengan Ketua Islamic Development Bank atau IDB, Bandar bin Muhammad bin Hamzah Asad Hajar, di Kantor IDB, Jeddah. 

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Bandar bin Muhammad bin Hamzah Asad Hajar, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Haji Arab Saudi.

"Kami merencanakan agar daging hewan Dam jemaah haji bisa dikelola lebih efektif dan efisien," ujar Lukman melalui pesan singkatnya, Selasa 26 Desember 2017.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Turut mendampingi Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali, Konjen RI Jeddah, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi, Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah Agus Muammar, serta Staf Teknis Haji Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah.

Mayoritas jemaah Indonesia menunaikan haji tamattu'. Karenanya, mereka diwajibkan untuk membayar Dam Tamattu', berupa menyembelih hewan atau berpuasa selama beberapa hari.

Saudi Terima Ribuan Keluhan Layanan Hotel dan Umrah selama Ramadhan

Kebanyakan jemaah Indonesia memilih membayar Dam dengan menyembelih hewan kurban. Dengan kuota jemaah Indonesia yang mencapai lebih dari 200 ribu, tentu potensi daging yang bisa dikelola sangat besar.

Lukman berharap, pengelolaan yang baik hasil kerja sama Indonesia, Arab Saudi, dan IDB dapat meningkatkan kemanfaatan daging Dam, utamanya bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Sehingga pendayagunaan hewan-hewan kurban itu lebih mendatangkan manfaat bagi banyak orang yang membutuhkannya," tuturnya.

Sebelumnya, Lukman juga telah bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi untuk membahas MoU penyelenggaraan haji 1439H/2018M. Beberapa usulan dibahas bersama, salah satunya terkait penambahan kuota haji Indonesia. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya