ICW: Infrastruktur di Era Jokowi Jadi Objek Empuk Korupsi

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, sektor infrastruktur di era Presiden Joko Widodo sangat empuk menjadi sumber korupsi. Sektor itu disebut rawan korupsi karena  anggaran berlimpah sementara pengawasan lemah.

ICW Tunggu Langkah Konkrit Jokowi Undangkan RUU Perampasan Aset

"Makanya kemudian syarat agar program Jokowi sukses, program pembangunan infrastruktur ya dimulai dengan pemberantasan korupsi," kata Koordinator ICW, Ade Irawan di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 27 Desember 2017.

"Memastikan agar programnya ini tidak diselewengkan," ujarnya menegaskan.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Dia menyebut, titik rawan korupsi infrastruktur itu dimulai dari proses perencanaan anggaran, adanya proses 'bagi-bagi', pengaturan spesifikasi barang dan lain sebagainya.

"Speknya mulai diatur, siapa yang akan memenangkan, langkah berikutnya tender, kalau sudah ditentukan siapa yang akan menang, panitia akan mengarahkan kepada pemenang itu," ujarnya menjelaskan.

ICW Heran Kejagung Tidak Tuntut Hukuman Mati Pinangki

ICW meminta kepada Presiden Jokowi agar memperhatikan proses-proses yang bebas korupsi. Sehingga mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak terlena dengan berbagai kebijakan pembangunannya.

"Ini harus jadi perhatian Jokowi. Bukan cuma bangun-bangun aja. Tapi memastikan proses perencanaan dan lain-lain bebas dari korupsi. Iya anggaran besar, kalau dikorupsi konsekuensinya banyak. Soal kualitas infrastruktur, ketahanannya, ini bisa jadi masalah.” (mus)

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan. (Foto ilustrasi).

ICW Minta PKB, PAN dan Golkar Cabut Wacana Penundaan Pemilu 2024

Usulan Pemilu 2024 ditunda bisa kacaukan tatanan demokrasi. Selain itu, beri pendidikan politik yang buruk.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022