Pemerintah Buka Kembali Penerimaan CPNS Tahun 2018

Menteri PAN-RB Asman Abnur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Pemerintah pusat akan kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, atau Aparatur Sipil Negara pada 2018 mendatang. Rekrutmen abdi negara ini untuk kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Berkas Lengkap, Olivia Nathania Putri Nia Daniaty Segera Disidang

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan, penerimaan CPNS ini dilakukan, lantaran sekitar 220 ribu orang PNS masuk dalam masa pensiun pada  2017-2018. 

Saat ini, jumlah pasti PNS yang akan memasuki masa pensiun masih dihitung. "Jadi, dari total ASN (Aparatur Sipil Negara) yang akan pensiun tahun 2017-2018, ada kurang lebih 200 ribu lebih," kata Asman di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 27 Desember 2017.

Hasil Psikotes Seleksi CPNS Nol, Kejagung Beri Tanggapan

Jumlah penerimaan abdi negara ini, kata Asman, minimal 50 persen dari jumlah PNS yang masuk masa pensiun, atau sekitar 110 ribu orang. Pemerintah pusat juga akan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Rekrutmen CPNS 2018 ini akan dilaksanakan untuk pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Terkait dengan jumlah, masing-masing daerah melalui mekanisme pengajuan kebutuhan terlebih dahulu. Setelah itu, kementerian akan mengkaji terlebih dahulu berapa kebutuhannya.

Empat UPT DItjen Hubla Kemenhub Dapat Predikat WBK Tahun Ini
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Skenario Kementerian PANRB Jika ASN Dipindah ke IKN Nusantara

Skenario pemindahan ASN ke IKN Nusantara termasuk soal tunjangan tambahan di luar gaji bagi ASN yang pindah membawa keluarganya.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022