PT Pos Indonesia Dukung Bisnis UKM Lokal

Gedung PT Pos Indonesia
Sumber :

VIVA – Terus berinovasi. Itulah yang menjadi gambaran besar PT Pos Indonesia (Persero) sepanjang tahun ini. Ketatnya persaingan pada kurir service membuat PT Pos Indonesia harus berinovasi dan berkreasi agar bisa bertahan.

Ratusan Komoditas RI Senilai Rp33 Miliar Diekspor ke 180 Negara

Dulu Pos Indonesia hanya dikenal orang sebagai tempat untuk berkirim surat. Namun seiring perkembangan zaman, Pos Indonesia berubah menjadi perusahaan yang modern dengan pola layanan one stop shopping yaitu melayani Postal Services (jasa ritel pos) berupa pengiriman surat, paket, jasa keuangan (pospay, remmitance, dll), postal items (meterai, prangko, produk filateli), online shopping dan layanan e-commerce (galeriukm.com), aplikasi myPos serta layanan m-pospay.

Tahun ini inovasi semakin luas setelah melakukan kerja sama strategis dengan perusahaan lain yang punya misi serupa dengan Pos Indonesia. Hal ini sejalan dengan tiga key success agar bisnis Pos Indonesia lebih kompetitif yakni agile (lincah), adabtable (mudah beradaptasi) dan speed (kecepatan).

PT Pos Indonesia Bidik Pendapatan Naik 21,5 Persen pada 2022

“Saat ini perusahaan sedang melakukan Brand Rejuvanetion (re-branding), terutama pada bisnis jasa kurir. Salah satu strategi yang akan ditempuh adalah campaign melalui sarana kerja yang bersifat mobile dan dapat dengan mudah dilihat langsung oleh masyarakat luas, yaitu sarana kerja pengantar pos atau yang lebih dikenal Pak Pos atau secara branding dikenal dengan Mr. Postman," ujar Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W Setijono.

Pada awal tahun, tepatnya Februari 2017, Pos Indonesia berkolaborasi dengan PT Antam (Persero) untuk penyediaan fasilitas penjualan, serta pembayaran dan distribusi produk emas Logam Mulia (LM) di Kantorpos.

PT Pos Siagakan 4 Posko Distribusi Bantuan Korban Erupsi Semeru

Pelanggan melakukan pembelian emas LM di kantor pos dengan sistem pemesanan. Selanjutnya ANTAM akan menggunakan layanan Pos Indonesia dalam hal pengiriman emas LM dari kantor UBPP LM di Jakarta menuju lokasi Kantorpos tempat pembelian.

Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W Setijono mengatakan bahwa jaringan Pos Indonesia yang tersebar luas akan lebih memudahkan masyarakat untuk membeli emas, baik di Kantorpos Pemeriksa (Kprk) maupun Kantorpos Cabang Dalam Kota (Kpc DK) dan Luar Kota (Kpc LK).

“Pembeli emas bisa melakukan pembelian atau pemesanan (order) di Kantorpos terdekat, membayar pesanan melalui aplikasi/sistem, untuk selanjutnya logam mulia (emas) yang dipesan akan dikirim oleh Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) ANTAM yang berlokasi di Jakarta. Kiriman logam mulia dijemput khusus oleh Kantorpos Jakarta Timur dan diproses melalui sistem i-POS dan dikategorikan sebagai valuable goods,” katanya.

Lalu pada bulan Mei, Pos Indonesia meluncurkan kerja sama dengan Heksa Solution Insurance. Pos Indonesia berharap bisa mengedukasi masyarakat terkait pentingnya layanan asuransi.

Pos Indonesia dan Heksa Insurance Solution menargetkan premi sebesar Rp1,3 triliun dari 1,5 juta pelanggan sebagai langkah awal. Masih di bulan yang sama PT Pos Indonesia juga mengumumkan kerja sama strategis dengan Shopee.

“Kolaborasi antara PT Pos Indonesia (Persero) dan Shopee merupakan langkah yang signifikan bagi kami untuk menyelami sektor e-commerce di Indonesia. Dengan kolaborasi ini, pengguna dapat memanfaatkan jaringan logistik kami yang luas, poin pengiriman yang tersebar di berbagai wilayah, serta transaksi online dan sistem pelacakan selama 24 jam di seluruh pelosok negeri. Dengan tagline ‘We Carry Mission’, kami percaya PT Pos Indonesia (Persero) merupakan rekan yang tepat bagi Shopee yang berkembang bersama dan turut serta berperan mendukung UKM lokal mengembangkan bisnisnya," ujar Gilarsi saat peluncuran itu.

Tak hanya menyasar konsumen pribadi, PT Pos Indonesia tahun ini juga meluncurkan layanan Kargo Pos untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mengirim barang logistik dalam partai besar atau Bulky.

Layanan Kargo Pos diluncurkan pada Agustus lalu dengan jangkauan di seluruh Kantor Pos. Berat kiriman 30 kg sampai dengan 250 kg serta dilengkapi fitur layanan berupa asuransi, pick-up service dan packaging.

Layanan lain yang tak kalah menarik juga diluncurkan pada tahun ini yakni donasi buku. Melalui program ini donatur dapat mengirim 1 buah paket buku seberat maksimal 10 kg secara gratis setiap tanggal 17. Kebijakan pembebasan biaya pengiriman buku ke seluruh Indonesia ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai solusi dari keluhan para aktivis literasi atas tingginya biaya pengiriman terutama ke wilayah pelosok dan daerah terluar Indonesia.

Tak hanya Shopee, perusahaan e-commerce yang menjalin kerja sama dengan Pos Indonesia tahun ini. Shipper.ID juga berkolaborasi untuk akses chanel dan penetrasi pasar, khususnya dalam industri e-commerce.

Realisasi kerja sama ini mulai awal bulan Oktober 2017 dengan penanganan dropship kiriman Shipper.id (penerimaan kiriman) melalui 7 Kantor Pos  (Bandung, Botabek & DKI, Semarang, Solo, Yogya, Kediri dan Surabaya) yang akan beroperasi pada hari Senin-Jumat dan pukul 09.00-17.00 WIB dan hari Sabtu pukul 09.00-14.00 WIB.

Luasnya jaringan Pos Indonesia membuat Pinjam.co.id menjalin kerja sama pada bulan Oktober 2017. Kerja sama ini bertujuan memberikan layanan bagi masyarakat untuk bertransaksi gadai dan mendapatkan dana cepat.

Prestasi luar biasa dicapai Pos Indonesia pada tahun ini.  Pos Indonesia meraih Indonesia Domestic Express Service Provider of the Year 2017.

Penghargaan Penyedia Layanan Express Domestik Terbaik di Indonesia tahun 2017 dinilai berdasarkan kriteria kekuatan cakupan nasional, kriteria kepemimpinan pasar dan kinerja operasional serta kriteria diversifikasi pertumbuhan. Dengan kinerja keseluruhan yang kuat, PT Pos Indonesia (Persero) layak menerima penghargaan tersebut. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya