Jokowi Bagikan Satu Juta Sertifikat Tanah di 7 Provinsi

Presiden Joko Widodo dan BJ Habibie.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo membagikan jutaan sertifikat tanah sekaligus. Ada 7 provinsi dibagi secara langsung.

Jokowi Diundang ke Konser Yanni di Prambanan

Namun, untuk enam provinsi itu diwakilkan oleh beberapa menteri. Yakni Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Jambi, Provinsi Lampung, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara untuk Provinsi Kalimantan Barat, dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan di halaman Masjid Mujahidin, Pontianak, Kamis 28 Desember 2017.

Jokowi: Seluruh Korban Bom Surabaya Ditanggung Negara

Jokowi menyebut, total sertifikat yang dibagikan adalah sebanyak 1.080.000. Untuk tahun 2017, sertifikat yang ditargetkan adalah 5 juta. Tapi yang bisa direalisasikan baru 4 juta lebih.

"Tahun depan target kita tujuh juta sertifikat. Tahun 2019 target kita 9 juta sertifikat. Pokoknya pegawai BPN (Badan Pertanahan Nasional) kantor BPN Kanwil BPN, pokoknya enggak tidur," jelas Jokowi.

Jokowi Yakin Bendungan Raknamo Bisa Makmurkan Warga NTT

Dijelaskannya, selama puluhan tahun, yang dibagikan setiap tahun hanya 400-500 ribu saja. Kalau hanya begitu, katanya, butuh waktu 160 tahun untuk menyelesaikannya.

Maka pemerintah bergerak cepat. Sehingga, dengan target-target tersebut, diharapkan 2025 bisa selesai untuk seluruh Indonesia.

"Target saya 2025 rampung sertifikat. Nantinya lagi pegawai BPN enggak tidur. Pokoknya saya kejar terus saya ikut prosesnya," katanya.

Untuk enam provinsi lain, yakni Jawa Timur diwakili oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Dimana ada tujuh ribu warga yang datang, mewakili Surabaya 1 dan 2, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo.

Untuk Sulawesi Selatan, diwakili oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman. "Sertifikat yang diberikan 62.543. Dihadiri 5 ribu penerima sertifikat. Kami mengucapkan terimakasih ke bapak Presiden atas nama masyarakat Makassar," katanya.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, mewakili Presiden untuk membagikan 63.926 sertifikat untuk tiga kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah.

"Atas nama masyarakat Sulawesi Trngah terimakasih tak terhingga atas kerja keras pak presiden sehingga mereka semua memiliki sertifikat tanah," kata Hanif.

Untuk Provinsi Jambi, diwakili oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Ada 82.121 sertifikat yang dibagikan.

Provinsi Lampung, dibagikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Ada 172.007 sertifikat yang dibagikan.

Sementara Provinsi Sumatera Selatan, diwakili oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Dengan total penerima sertifikat sebanyak 140.335 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya