Pabrik Kimia Meledak, Warga Gatal-gatal dan Sesak Napas

Seorang pengendara yang terkena dampak ledakan pabrik kimia di Kota Cilegon Banten, Jumat (29/12/2017)
Sumber :
  • VIVA/Yandhi D

VIVA – Sebuah ledakan besar dari sebuah pabrik kimia mengagetkan warga Desa Kepuh Kota Cilegon, Banten, Jumat, 29 Desember 2017, sekira pukul 07.00 WIB.

Pabrik Kimia di Shandong China Meledak, 9 Orang Tewas

Kepulan material berwarna putih pun membumbung dari pabrik milik PT Indorama Petrochemical. "Suaranya kaya ledakan bom, duar gitu. Terus turun warna putih-putih," kata Abdul Rofiq, warga setempat.

Menurut Rofiq, material berwarna putih mirip tepung itu mengenai warga sekitar, dan menimbulkan efek gatal di kulit. Tak cuma itu, ia juga membuat warga yang menghirup mengalami sesak napas.

Pabrik Bahan Kimia di Cilincing Terbakar, 19 Damkar Dikerahkan

"Saya langsung disuruh minum air putih. Tenggorokan sama napas juga agak nyesek," ujar Mukhlis seorang pengendara motor yang melintas.

Terpisah, manajemen PT Indorama Petrochemical mengakui ada ledakan di pabrik milik mereka. Itu terjadi karena tersumbatnya saluran kristalisasi Crude Terephthalic Acid (CTA).

Pabrik Kimia di Cilegon Meledak, Diduga Ada Kesalahan SOP

"Proses kristalisasi mau dikeringkan. Disini (saluran) ada blok, nyangkut gitu, setiap nyangkut kan dia (pengkristalan) jalan terus nih. Efeknya di dorong terus, tekanannya naik terus," ujar Malim Hander Joni, Human Resources (HR) and Corporate Affair PT Indorama Petrochemical.

Pihaknya mengklaim hanya ada satu orang yang dibawa ke rumah sakit, karena terjatuh saat ledakan terjadi. Sedangkan warga dan pengendara yang terkena material putih menyerupai tepung, pengobatannya hanya disiram dengan air bersih. "Cukup disiram (air) 5-10 menit oleh air," ujarnya.

Jirayut

Jirayut Berduka, Sebuah Pabrik Kembang Api Meledak Dekat Rumahnya di Thailand

Lokasi kejadian itu tidak jauh dari kediaman Jirayut, hanya beda kampung. Tidak lupa, Jirayut memberi doa agar semua korban diberi yang terbaik.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023