Lelucon Ustaz Somad yang Mengaku Arab Saat Bertemu Rizieq

Ustaz Abdul Somad bertemu imam besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu siang, 30 Desember 2017.
Sumber :
  • Kapitra Ampera

VIVA – Ustaz Abdul Somad, penceramah yang beken akhir-akhir ini, tak kehilangan selera humornya kala bertemu Rizieq Shihab, imam besar Front Pembela Islam. Dia tetap membuat lelucon dalam forum pertemuan itu di rumah Rizieq di Mekkah, Arab Saudi, pada Sabtu, 30 Desember 2017.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Dalam rekaman video pertemuan yang disampaikan Kapitra Ampera selaku pengacara Rizieq Shihab pada Minggu, 31 Desember, Somad awalnya berbicara dengan serius tentang motivasinya menemui Rizieq yang sekarang bermukim di Mekkah.

Di tengah-tengah penjelasannya tentang keutamaan bersilaturahmi dengan habaib atau keturunan Nabi Muhammad, Somad disela seseorang yang bercanda mengaku habib. Dilafalkan "abib" tetapi maksudnya sebuah akronim dari "Arab bukan, India bukan".

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

Somad segera menceletuk dengan menunjuk beberapa orang Arab di hadapannya dan di sisi kirinya, yaitu Rizieq Shihab, dan dia sendiri. "Arab, Arab (menunjuk Rizieq Shihab), dan Arab (menunjuk diri)."

Tapi, katanya segera mengoreksi, "kalau ini arab-arab cemas (pelesetan dari harap-harap cemas), karena selalu diusir-usir."

Sudah Bertaubat Apakah Dosa Masa Lalu Tetap Dihisab? Ini Penjelasan UAS

Candaan Somad itu segera disambut gelak tawa para hadirin, termasuk Rizieq Shihab. Maklum, Somad mengalami sedikitnya dua peristiwa tak mengenakkan saat hendak berceramah. Dia ditolak saat mau berceramah di Bali dan di Hong Kong.

Pertemuan Rizieq Shihab dengan Ustaz Abdul Somad itu dihadiri juga Ustaz Ahmad Al Habsyi dan Derry Sulaiman, mantan gitaris band metal Betrayer yang kini menjadi penceramah. Baca: Ada Eks Gitaris Betrayer di Pertemuan Ustaz Somad-Rizieq

Forum silaturahmi itu diklaim tanpa direncanakan sebelumnya. Mereka bertemu kebetulan sedang beribadah umrah, lalu menyempatkan bertemu Rizieq. Begitu pula Abdul Somad sedang beribadah umrah sejak Jumat, 29 Desember.

Somad, dalam rekaman video pertemuan itu, menjelaskan sedikitnya tiga motivasi utama dia menemui Rizieq: pertama, menimba ilmu kepada Rizieq sebagai ulama; kedua, bersilaturahmi dengan seorang habib atau ulama keturunan Nabi Muhammad; dan ketiga, bertabayun tentang tuduhan-tuduhan negatif kepada Rizieq. Baca: Ustaz Somad Jelaskan Panjang-Lebar Tujuannya Temui Rizieq

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya