Hendropriyono: Mobil Nasional Mengaspal Tahun 2018

Mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono mengatakan, mobil nasional (mobnas) akan mengaspal pada tahun 2018.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Purnawirawan yang mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan mobnas ini menyatakan, sudah saatnya Indonesia memiliki mobnas. "Kita melanjutkan Esemka menjadi mobnas. Tahun 2018 sudah beroperasi," ujarnya saat konsolidasi internal Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia di Sleman, DIY, Minggu 31 Desember 2017.

Ketua Umum PKPI ini menegaskan, selama ini Indonesia selalu dijajah negara asing. Penjajahan tidak sekedar fisik, tapi perekonomian yang saat ini masih berlangsung. 

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Memproduksi mobnas, kata dia merupakan upaya keluar dari penjajahan ekonomi itu. "Kita dulu dijajah satpam (kompeni) perusahaannya Belanda. Sekarang masih dijajah, yang dikirim marketingnya (perusahaan kendaraan asing)," ujarnya menambahkan.

Atas dasar itu, Hendroptiyono mengaku tersentuh sekaligus menerima mandat dari Presiden Jokowi. "Kita bisa memproduksi mobnas," kata dia.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Namun, Hendropriyono belum bersedia menjelaskan secara detail mengenai mobnas yang akan diluncurkan tahun depan. Secara umum, mobnas yang diproduksi berkapasitas di atas 1.000 cc.

Dia menambahkan, mobnas yang diproduksi semua menggunakan tenaga dan bahan baku dari negeri sendiri. "Mesin, interior, eksterior, diproduksi sendiri tanpa keterlibatan pemerintah maupun perusahaan asing. Karoseri juga kita sendiri." (mus) 

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024