100 Rumah di Pemalang Rusak Dihantam Angin Puting Beliung

Rumah yang rusak terdampak angin puting beliung/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Bencana alam puting beliung telah merusak setidaknya 100 rumah di Desa Bojongnangka dan Tambakrejo, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyampaikan bahwa peristiwa yang terjadi pada Minggu sore, 31 Desember 2017, juga melukai sebanyak 14 warga setempat.

"Dengan kecepatan yang cukup besar, angin puting beliung menerjang sejumlah bangunan rumah warga Desa Bojongnangka dan Desa Tambakrejo hingga mengalami kerusakan," ujar Sutopo melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA pada Senin, 1 Januari 2018.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Menurut Sutopo, kerusakan tersebar di RW 06 dan 05 Bojongnangka, serta Desa Tambakrejo. Korban luka-luka saat ini telah dirawat di RSUD Ashari, Pemalang. Selain membuka dapur umum, aparat yang berasal dari BPBD setempat, Kodim 0711/Pemalang, serta Polsek Pemalang, hingga saat ini terus berupaya mengevakuasi warga yang kemungkinan menjadi korban yang tertimpa reruntuhan rumah.

"Warga setempat dibantu relawan melakukan evakuasi korban dan harta benda ke tempat yang lebih aman," ujar Sutopo. (ase)

BPBD Bandung Catat Hampir 500 Rumah Warga Rusak Akibat Angin Puting Beliung
Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban angin puting beliung

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024