Penipuan Travel Umrah, Hannien Tour Dikenai Pidana Cuci Uang

Ilustrasi penipuan jemaah oleh travel umrah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Kepala Polisi Resor Surakarta, Komisaris Besar Ribut Hari Wibowo mengatakan, sudah 1.800 orang menjadi korban penipuan dari Biro Umrah dan Haji PT Utsmaniyah Hannien Tour yang nilainya mencapai Rp37,8 miliar.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Menurutnya, korban kemungkinan akan terus bertambah mengingat Hannien Tour telah membuka promo umrah sejak April 2015 dengan biaya hanya Rp18,5 juta.

"Hannien Tour punya 10 kantor cabang di seluruh Indonesia. Dari 1.800, sebanyak 400 orang berasal dari wilayah Soloraya," kata Ribut, dalam Apa Kabar Indonesia Malam tvOne, Senin, 1 Januari 2018.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Kesepuluh kantor cabang ini yaitu Surabaya, Tasikmalaya, Bandung, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Cibinong, Makasar, Pekan Baru Riau, Solo, dan Tangerang.

Ribut juga menegaskan kedua tersangka telah ditangkap yakni Farid Rosidyn (45) dan Avianto B Satya (51), yang masing-masing menjabat Direktur dan Direktur Keuangan Hannien Tour. Keduanya warga Bogor, Jawa Barat.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Oleh karena itu, keduanya dijerat Pasal 378 dan 372 tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara. Selain itu, mereka juga dijerat pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Wanita Korea mengaku kena penipuan yang menyeret nama Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seorang wanita Korea mengalami kerugian besar $50 ribu atau sekitar Rp810 miliar setelah tertipu oleh penipuan yang melibatkan akun palsu mengaku sebagai Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024