Puluhan Calon Kepala Daerah Jalani Tes Kesehatan

Bakal Pasangan calon kepala daerah di Sumatera Selatan yang akan mengikuti Pilkada Serentak 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Puluhan calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2018 di sejumlah daerah mulai menjalani tes kesehatan.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Di Sumatera Selatan misalnya, terhitung Kamis, 11 Januari 2018, sebanyak 39 calon kepala daerah menjalani tes kesehatan di RS Muhammad Hoesin Palembang.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Asphani, pemeriksaan kesehatan ini akan dibagi dua tahap. Untuk tahap pertamanya adalah tes narkoba dan psikologi.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

"Untuk medis dilaksanakan pada 12-15 Januari 2018," ujarnya.

Begitu pun di Sumatera Utara, sebanyak tiga pasangan calon juga menjalani uji kesehatan di RSUPH Adam Malik yang melibatkan 50 dokter ahli.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Pasangan calon itu yakni, ?Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah, JR. Saragih-Ance Selian dan, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Seluruhnya terlihat tertib menjalani tes kesehatan.

Tak lulus

Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan Rizal Sanif mengatakan dari tiga rangkaian pemeriksaan itu.

Seluruh pasangan calon diwajibkan untuk lulus semuanya. "Jika satu saja dalam tiga tes yang diikuti dinyatakan bermasalah, jelas tidak memenuhi syarat," ujarnya.

"Seperti memakai narkoba langsung tidak lulus dan menjadi peserta Pilkada. Keputusan tim dokter bersifat final, tidak ada pembanding dengan dokter lain," tambah Ketua KPU Sumatera Selatan Asphani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya