Sudirman Said: Biaya Pencalonan Saya Saweran, Bukan Mahar

Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, di sela-sela pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kariyadi, Semarang, pada Sabtu, 13 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, mengaku tidak ada mahar politik dengan partai yang mendukungnya. Semua biaya untuk modal pencalonannya bersumber dari dana saweran atau patungan dari banyak pihak.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Alhamdulillah, saya bisa berproses sejauh ini karena dukungan dan bantuan dari sahabat dan kolega yang ikhlas membantu saya, baik moril maupun materiil. Jadi adanya saweran, bukan mahar,” kata Sudirman di sela-sela pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kariyadi, Semarang, pada Sabtu, 13 Januari 2018.

Menurut Sudirman, sejak awal partai pendukungnya, yakni Gerindra, PAN, PKS, dan PKB sama sekali tak membicarakan mahar politik. Partai-partai itu lebih pada bicara idealisme untuk membangun Jawa Tengah melalui proses pilkada yang demokratis.

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

Meski begitu, ia tak memungkiri bahwa kontestasi politik dalam pilkada maupun pemilu pasti ada konsekuensi biaya yang besar, misal dana kampanye, honor untuk para saksi, serta biaya operasional tim pemenangan. Namun, ia menegaskan hal itu tidak dibebankan kepada partai politik.

"Saya memang mendiskusikan itu dengan masing-masing partai politik pendukung. Tetapi sama sekali tidak ada pembicaraan tentang mahar," katanya.

Sudirman Said soal Rencana Pertemuan JK-Megawati: Itu Pribadi, Kita Tak Bisa Cawe-cawe

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu pun menyadari bahwa sebagai calon yang baru terjun ke politik, dia tak memiliki kecukupan finansial. Tapi ia bersyukur bahwa para pendukungnya banyak membantunya dengan tulus dan ikhlas.

"Alhamdulillah, jumlah yang menyumbang banyak, jadi semacam saweran dari banyak orang," katanya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Nama Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi masuk dalam radar bursa calon Gubernur Jawa Tengah 2024 di Pilkada Jateng pada November 2024 mendatang

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024