Gantikan Edy Rahmayadi, Agus Dilantik Jadi Pangkostrad

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono
Sumber :
  • VIVA / Rifki Arsilan

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono melantik Letjen TNI Agus Kriswanto sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) TNI yang baru menggantikan Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumut Bawa Tanah Pemandian Putri Hijau ke IKN Nusantara

Edy Rahmayadi lebih memilih untuk mundur atau pensiun dini dari salah satu jabatan strategis di tubuh TNI itu, karena ingin maju sebagai salah satu kandidat calon Gubernur di Sumatra Utara.

Pelantikan atau serah terima jabatan (Sertijab) dilakukan di lapangan upacara Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

59 Warganya Keracunan Gas, Edy Rahmayadi Stop Operasi Perusahaan

"Ada dua pejabat yang akan mengakhiri masa dinasnya di TNI, yaitu Letjen TNI Edy Rahmayadi (pensiun dini) dan Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak," kata Mulyono di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Senin, 15 Januari 2018.

Agus Kriswanto adalah perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan akademi militer tahun 1984. Ia lahir di Pekalongan, Jawa Tengah pada tanggal 10 Juli 1960. Agus Kriswanto juga pernah menjabat Pangdam Iskandar Muda di tahun 2014.

Minta Dukungan Nasdem-PKS untuk 2024, Edy: Tak Ada Niat Curi Start

Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AD (Dankodiklat TNI AD) tahun 2016.

Selain Agus Kriswanto, KASAD TNI Jenderal Mulyono juga melakukan serah terima jabatan terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) lainnya, serta satu Perwira Menengah (Panen).

Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak kepada Mayjen TNI Benny Susianto. Pangdam XII/Tanjungpura dari Mayjen TNI Andika Perkasa kepada Mayjen TNI Achmad Supriyadi.

Kemudian, posisi Letjen TNI Agus Kriswanto sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat TNI AD) digantikan oleh Mayjen TNI Andika Perkasa.

Kemudian, jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Danseskoad) dari Mayjen TNI Dody Usodo Hargo saat ini diisi oleh Brigjen TNI Kurnia Dewantara, serta jabatan Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Dansecapaad) dari Brigjen TNI Eka Wiharsa kepada Kolonel Inf. Urip Wahyudi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya