Teror Bom di HUT Golkar, Gubernur Sulsel Diperiksa

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Yasir.

VIVA – Tim Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri mendatangi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di kantornya di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Selasa, 16 Januari 2018. Syahrul diperiksa sebagai saksi pada kasus teror bom pada kegiatan jalan santai perayaan HUT Golkar ke-48 di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, 11 November 2012 lalu.

Viral Guru SD Pakai Cadar Ditangkap Karena Menyusup ke Jemaah Perempuan di Masjid Makassar

"Pak Gubernur dimintai keterangannya oleh tim Densus 88. Nantinya akan dicocokkan dengan keterangan tersangka yang ditangkap beberapa bulan lalu. Apakah betul apa tidak, itu saja. Pemeriksaan berlangsung sekitar 3 jam," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes (Pol) Dicky Sondani saat dikonfirmasi.

Pada saat itu, ledakan bom pipa nyaris saja terjadi pada acara HUT Golkar pada tahun 2012. Saat itu, Syahrul sedang berpidato di atas panggung pada acara tersebut yang dirangkaikan jalan santai.

Menang Telak, Prabowo-Gibran Unggul 1 Juta Suara dari AMIN di Sulsel

Tiba-tiba kerusuhan terjadi dan seorang pemuda diamuk massa. Di sekitar lokasi itu, ditemukan tas ransel yang berisi rangkaian bom pipa. Belum jelas keberadaan dan kapasitas pria diamuk massa yang dituding sebagai pembawa tas berisi rangkaian bom pipa itu.

Belakangan, tim Densus 88 AT Mabes Polri menangkap seorang pria, Bakri alias Bakri Baroncong, di Kabupaten Luwu Timur pada Oktober 2017. Bakri diduga sebagai pelaku bom Gubernur Sulsel pada saat itu.

Viral Geng Motor Terekam Serang Rumah Polisi di Sulsel Siang Bolong

Usai pemeriksaan, Syahrul enggan berkomentar. Ia meminta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulsel Asmanto Baso Lewa mewakili dirinya untuk memberi keterangan.

"Pak Gubernur hari ini dimintai kesaksiannya dan diminta bertanda tangan dalam berita acara pemeriksaan (BAP)," kata Asmanto saat dikonfirmasi terpisah. (one)

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Menteri PPPA mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Wajo karena berhasil menurunkan angka perkawinan anak sehingga bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024