Dukung Istri Jadi Cabup, Ketua Golkar Muara Enim Dipecat

Alex Noerdin
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Muzakir Sai Sohar dipecat sebagai Ketua Partai Golkar Kabupaten Muara Enim di Sumatra Selatan. Masalahnya, dia diketahui mendukung istrinya Shinta Paramitha Sari sebagai calon bupati.

Pilkada Sumsel, Bawaslu Catat 20 ASN Diduga Langgar Netralitas

Shinta berpasangan dengan Syuryadi sebagai calon bupati dan wakil bupati melalui jalur perseorangan atau independen. Sementara Partai Golkar mencalonkan pasangan Syamsul Bahri - Hanan Zulkarnain.

Pemecatan serupa dialami Mawardi Yahya sebagai Ketua Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir. Dia diberhentikan setelah mendaftar sebagai calon wakil gubernur Sumatra Selatan, yang berpasangan dengan Herman Deru. Mereka diusung Partai Nasdem, PAN, dan Hanura.

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Soalnya ialah Partai Golkar mengajukan pasangan Dodi Reza Alex dan Giri Ramanda Kiemas sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Selatan. Dodi Reza adalah putra Alex Noerdin, Ketua Golkar Sumatra Selatan dan sekarang menjabat Gubernur setempat, sementara Giri ialah kemenangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP.

Alex Noerdin mengatakan bahwa pencopotan Muzakir karena tidak loyal dengan Partai. Sebagai anggota, katanya, semua kader dan anggota harus mengikuti aturan Partai sesuai yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

"Bagi yang tidak loyal kita sanksi tegas. SK (Surat Keputusan pemecatan) sudah keluar untuk mengganti Muzakir Sai Sohar," kata Alex di Palembang pada Kamis, 18 Januari 2018.

Meskipun dipecat sebagai ketua, Muzakir tetap masih sebagai kader partai. Kisruh internal Golkar Sumatra Selatan diyakini Alex tidak akan berpengaruh pada dukungan partai itu kepada para calon kepala daerah. (ase)

Tenda TPS di Sumsel roboh diterjang angin (antara)

Sejumlah Tenda TPS di Sumsel Ambruk Diterjang Angin

TPS rusak dan ambruk di Ogan Ilir dilaporkan sebanyak 11 unit, selain itu TPS juga roboh di Kabupaten OKU Selatan

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2020