RI Kena Dua Juta Serangan Siber dalam Sehari

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, Jumat kemarin bertemu dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko Setiadi. Pertemuan tersebut di antaranya membahas counter attack dari serangan di dunia maya. Serangan siber yang diterima setiap hari pun tergolong besar, sehingga perlu tindak lanjut secara intensif.

Kementerian dan Lembaga Diserang Hacker

"Ya counter attack. Bayangkan dua juta attack satu hari. Dan fungsi BSSN melakukan satu sinergitas siber di Indonesia," kata Wiranto di kantornya, Jumat 19 Januari 2018.

Purnawiran jenderal TNI menjelaskan serangan siber terhadap berbagai sistem di Indonesia dilakukan oleh pihak luar dan dalam negeri. Namun, Wiranto tak bersedia mengungkapkan dari mana dan sistem mana saja yang mendapat serangan siber.

Serangan Hacker ke Perangkat Seluler Makin Ngeri, Lewat Iklan Pop-up

Wiranto mengungkapkan sebenarnya beberapa lembaga pemerintah mempunyai unit siber sendiri, seperti Polri, BIN, TNI, Komifo hingga kementerian keuangan. "Di berbagai kegiatan dinas, badan keuangan. Semuanya punya sistem siber dan semuanya payungnya ada di BSSN," tegas Wiranto.

Sebagai koordinator yang mempunyai kewenangan menjaga jagat maya, BSSN tentu harus bekerja keras terlebih dengan tahun politik saat ini. "Di sinergikan oleh BSSN. Karena semuanya harus sinergis. Kalau dari luar masing-masing pembagian wilayah atau sistem," katanya. (ren)

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber
Singapore Airshow 2024.

Angkatan Udara Kebobolan, Percakapan 4 Perwira Tinggi Berhasil Disadap di Singapura

Angkatan Udara kebobolan karena percakapan empat pati atau perwira tingginya berhasil disadap di dalam hotel di Singapura.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024