Menkumham Duga Data Fiktif Pemohon Paspor Ulah Calo

Festival Keimigrasian di Monas, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menduga, kasus ribuan pemohon paspor fiktif yang memenuhi basis data sistem antrean paspor online adalah ulah dari calo. 

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Para calo diduga sengaja mengganggu sistem tersebut, agar orang berpindah menggunakan jasa calo. "Ada kemungkinan indikasi itu calo, ada kemungkinan dia masukin nama-nama fiktif supaya orang nanti minta tolong ke dia," kata Yasonna usai acara Gebyar Imigrasi di Monas, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2018. 

Lantaran itu, kata Yasonna, pihaknya telah melaporkan kasus tersebut ke Bareskrim Mabes Polri. Dia meminta polisi mengusut tuntas hal tersebut. Sebab, sistem online itu menyangkut kepentingan pelayanan publik. "Bareskrim sudah melakukan penyisiran sudah ada indikasi beberapa orang dan kami minta untuk ditindak," ujarnya.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Dia menambahkan, "Ini harus kami lakukan supaya jangan melakukan hal-hal yang tidak baik untuk pelayanan publik. Kasihan rakyat mau daftar paspor online sudah kami buat aplikasi tetapi dibajak sehingga orang tidak bisa masuk sistem ini."  

Sebelumnya, sistem aplikasi antrean online paspor Ditjen Imigrasi sempat terganggu akibat adanya pendaftaran dari 72 ribu akun yang belakangan diketahui ternyata fiktif.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Puluhan ribu akun fiktif ini mengganggu para pemohon akun paspor lainnya. Sebab, a mereka jadi tidak bisa mendaftar akibat basis data sudah penuh.
 

Dirjen Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim.

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mempermudah penerbitan visa hingga menyiapkan jalur khusus untuk kedatangan delegasi WWF di Bali.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024