Data Kerusakan Sementara di Lebak, 115 Bagunan Rusak

Gempa Lebak sebabkan ratusan bangunan hancur
Sumber :
  • Dokumen Tagana Lebak

VIVA – Gempa bumi mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa dengan kekuatan magnitude 6,1 skala richter, Selasa, 23 Januari 2018. Pusat lokasi gempa ada di Kabupaten Lebak, Banten.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Akibat gempa, sejumlah bangunan di Banten mengalami kerusakan. Untuk sementara, data kerusakan bangunan di Banten ada 115 unit.

"Data sementara itu total 115 rumah, 1 masjid, dan 1 puskesmas," kata Ketua Tagana Kabupaten Lebak, Aa Wiguna saat dihubungi VIVA.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Aa merincikan kerusakan ini terjadi di 11 kecamatan di Banten. Seperti Kecamatan Bayah ada 1 masjid dan 2 rumah yang rusak. Kecamatan Wanasalam 6 rumah, Panggarangan 92 rumah, Cilograng 9 rumah, Lebak Gedong 1 puskesmas, Sobang 2 rumah. Kemudian, di Kecamatan Cimarga ada 2 rumah, Sajira 1 rumah, dan Cihara 1 rumah.

"Sebagian rusak sedang dan ringan. Yang rusak berat belum terminator," ujar Aa.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Sebelumnya, gempa iterjadi sekitar pukul 13.34 WIB. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mochamad Riyadi mengatakan gempa ini terjadi karena subduksi lempeng Indo-Australia.

"Gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara  ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia," kata Riyadi dalam keterangannya, Selasa, 23 Januari 2018.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024