Walikota Hendi Akan Jadikan BKB Destinasi Wisata Air

Wali Kota Semarang Hendrar Pihadi
Sumber :

VIVA – Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menegaskan bahwa dalam membangun sebuah kota diperlukan sikap saling percaya dan keyakinan yang penuh dari seluruh elemen masyarakat.

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Hendi mengatakan bahwa dulu waktu membicarakan akan mengubah Kota Semarang menjadi kota wisata, banyak pihak meragukan, hingga akhirnya tahun 2016 Kota Semarang berhasil ada di peringkat ke-5 terbaik dalam Indek Pariwisata Indonesia, dan intinya adalah keyakinan, tutur orang nomor satu kota lumpia tersebut saat melalukan dialog dengan Warga Kelurahan Bulustalan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Selasa 23 Januari 2018.

“Jadi kalau saat ini di Kelurahan Bulustalan kita bangun Kampung Tematik Aneka Upakarya, jangan dipertanyakan lagi apa iya ya bisa, panjenengan harus yakin kalau Kelurahan Bulustalan ini bisa berkembang. Karena kalau panjenengan yakin, maka untuk bergerak bersama mengembangkan wilayah ini jadi lebih mudah,” ujar Walikota Semarang yang juga akrab disapa Hendi ini.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

Dalam kesempatan itu, Hendi juga menegaskan akan terus memberikan dukungan kepada wilayah Bulustalan untuk menjadi sebuah kawasan wisata yang menarik minat masyarakat luar untuk berkunjung.

Dukungan yang akan dilakukan Hendi tersebut antara lain adalah dengan mempercatik kawasan Banjir Kanal Barat (BKB) yang berkaitan dengan wilayah kelurahan Bulustalan. Adapun anggaran yang disiapkan untuk mempercantik Banjir Kanal Barat di tahun 2018 adalah sebesar Rp17 miliar.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Selain itu, Hendi pun menegaskan akan semakin membuka aksesbilitas di kelurahan Bulustalan dengan upaya peningkatan Jalan Basudewo, yang akan segera dilelangkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

Terkait mempercantik Banjir Kanal Barat, Hendi menegaskan telah menemukan solusi tentang permasalahan kedangkalan sungai yang menghambat pengembangan wisata.

Hendi mengatakan, di muara sungai BKB akan dibangun Bendung Karet selama 2 tahun anggaran. Tahun 2018 dari sisi Madukoro dan tahun 2019 dari Krokosono. Berfungsi untuk membuat ketinggian langsam.

“Jadi misalnya di depan Basudewo ingin ketinggian airnya 3 meter itu bisa diatur dari muara. Dan Insya Allah kalau itu sudah jadi, Desember 2019 kita akan memiliki sungai yang bisa dimanfaatkan untuk pariwisata, seperti untuk Kano, Perahu, dan wisata air lainnya,” ujarnya.

Senanda dengan Hendi, Ketua LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) Bulustalan, Supardiman mendukung upaya Hendi untuk mengembangkan Bulustalan menjadi kawasan wisata. Supardiman bahkan menyampaikan telah berencana bersama masyarakat setempat untuk membuat Pasar Wisata yang dilengkapi beberapa sarana bermain anak. “Kami mempunyai keinginan bersama teman-teman warga Bulustalan untuk setiap Minggu menyelenggarakan Pasar Wisata dengan model semi permanen bongkar pasang,” kata Supardiman.

Hendi pun mengapresiasi rencana Supardiman tersebut. Menurut Hendi gagasan tersebut dapat direalisasikan asal tidak menganggu arus lalu lintas.

“Nanti Kepala Dinas Perhubungan akan bantu memantau kondisi lalu lintas hari Minggu, dan kalau pantauannya positif, segera realisasikan,” dukung Hendi kepada Supardiman. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya