Gerindra Sebut Jenderal Pj Gubernur Bisa Dicurigai Sekongkol

Ilustrasi suasana saat Pilkada Serentak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Partai Gerindra menilai, pengusulan jenderal polisi menjadi penjabat atau Pj gubernur menunjukkan pemerintah dan Polri panik. 

Diberi Mandat Golkar Maju di Pilgub Sumut, Bobby Nasution Belum Ketemu Ijeck

"(Pemerintah dan Polri) tidak percaya diri dan tidak profesional," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Sodik Mudjahid, melalui pesan singkat kepada wartawan pada Jumat, 26 Januari 2018. 

Sodik mencatat, hanya dalam era pemerintahan Presiden Joko Widodo ada pejabat polisi aktif menjadi penjabat gubernur. Biasanya penjabat gubernur berasal Kementerian Dalam Negeri atau provinsi.

Prabowo Dukung Bobby Nasution Maju di Pilgub Sumut: Kita Butuh Jagoan!

"Harusnya Polri terus menjaga dan meningkatkan profesionalisme dengan bekerja menjaga keamanan dalam posisi sebagai Polri bukan dalam posisi sebagai gubernur," katanya.

Ia menilai, Polri juga menunjukkan ketidakpercayaan diri dalam melaksanakan tugas keamanan sehingga perlu posisi baru dalam pemerintahan.

Panas! Edy Rahmayadi Tanggapi Wagub Ijeck: Biarkan Aja, Anak Kecil Minta Beli Bonbon

"Untuk daerah di mana ada cagub berasal dari Polri maka hal ini akan membangun opini bagian dari desain perselingkuhan dan persekongkolan yang mengancam netralitas fungsi gubernur," kata Sodik.

Ia menganggap pemerintah tidak percaya diri menghadapi pilkada di dua provinsi itu sehingga memerlukan dukungan Polri yang selama ini sangat setia mendukungnya. "Berbeda dengan TNI yang setia pada pemerintah tapi tetap netral," ujarnya. (mus)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang juga cawapres terpilih

Gibran soal Bobby Nasution Diblacklist PDIP di Pilkada Sumut: Tenang Aja

Cawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka ikut buka suara terkait keputusan PDIP yang menutup pintu rapat untuk adik iparnya, Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024