Lawan Victor Laiskodat, Jagoan Demokrat Jalani Ritual

Benny K Harman (kiri memegang payung)
Sumber :
  • Dokumen DPD Partai Demokrat NTT

VIVA – Memasuki masa-masa pemilihan gubernur, berbagai cara dilakukan para calon untuk memenangkan kompetisi tersebut. Salah satunya dilakukan pasangan calon Gubernur Nusa Tenggara Timur, Benny K. Harman, yang akan berpasangan dengan Benny Litelnoni.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Benny K. Harman-Benny Litelnoni yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini menjalani ritual adat berrnama ‘Wuat Wai’. Ritual tersebut merupakan salah satu ritual pembekalan dari leluhur.

Ritual Wuat Wai ini sering dilakukan masyarakat Manggarai, setiap kali melakukan kegiatan, baik pernikahaan, termasuk kegiatan besar seperti keinginannya maju di Pilkada. Dalam ritual disediakan ayam putih air arak.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Dalam Pilgub NTT, Benny K.Harman-Benny Litelnoni akan bertarung dengan sejumlah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lainnya, seperti Victor Laiskodat-Yoseph Nae Soi, Esthon Leyloh Foenay-Christian Rotok, dan Marianus-Emelia Julia Nomleni.

Ketua DPD Partai Demokrat NTT, Jerfry Riwu Kore mengatakan, ritual adat yang dijalani Benny K.Harman, merupakan simbol keikhlasan masyarakat Manggarai menyerahkan koleganya di partai tersebut maju sebagai cagub NTT.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Semoga dengan prosesi ritual adat, pasangan cagub dapat restu dari leluhur untuk menghadapi Pilgub, dan memenangkan pasangan Benny K. Harman-Benny Litelnoni," kata Jefry dalam keterangannya yang diterima VIVA, Minggu 28 Januari 2018.

Jefry yang menjabat Wali Kota Kupang menuturkan, deklarasi pasangan cagub berbeda dengan cagub yang ada. Menurutnya pasangan calon yang diusung Partai Demokrat itu bukan seperti deklarasi yang sudah-sudah, namun timnya lebih melakukan ritual adat.

"Ritual adat, bagaimana perutusan kepada leluhur untuk maju sebagai cagub. Kami meminta kepada leluhur, agar pasangan disukseskan niatnya maju sebagai cagub NTT 2018," tuturnya.

Sementara itu, Benny Harman mengapresiasi kekompakan masyarakat Manggarai. Dia meyakini, kebersamaan ini dapat memenangkan pasangan Benny K. Harman dan Benny Litelnoni.

"Adanya kekompakan bukti bahwa masyarakat berharap ada perubahan di NTT. Harapan tersebut, tentunya kita berjuang agar pasangan Benny bisa meraih kemenangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya