Hendropriyono Kecewa PKPI Belum Lolos Verifikasi Faktual

Partai Hendropriyono, PKPI dukung Jokowi Presiden
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA - Komisi Pemilihan Umum telah melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Komisoner KPU, Hasyim Asy'ari, menyatakan partai dengan Ketua Umum Hendropriyono ini belum memenuhi syarat.

Prabowo Subianto Tiba-tiba ke Rumah Hendropriyono

"Untuk keterwakilan perempuan dalam kepengurusan, yang sudah terverifikasi sembilan. Masih satu lagi. Jadi sekarang kita nyatakan belum memenuhi syarat," kata Hasyim di DPP PKPI, Jakarta, Senin, 29 Januari 2018.

Namun, Hasyim memastikan persyaratan lain seperti alamat jelas kantor dan pengurus inti DPP PKPI seluruhnya telah memenuhi syarat. Hanya salah seorang pengurus wanita tidak hadir saat verifikasi faktual sehingga jumlah keterwakilan perempuan masih kurang.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

"Dari 39 kepengurusan ada empat perempuan yang mengundurkan diri dan tiga laki laki. 39 jadi 32 orang dan perempuannya ada 9 orang. Nah kemudian hasil tetap kurang. Seharusnya kalau 32, 30 persennya 9,6 atau 10 orang," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PKPI berterima kasih pada KPU yang telah melakukan verifikasi faktual terhadap partainya. Meskipun hasil verifikasi faktual hari ini kurang menggembirakan.

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

"Hari ini dilakukan verifikasi faktual. Sayang kurang sedikit, karena satu orang pengurus perempuan yang berhalangan hadir, karena masalah keluarga," ujar Hendro.

Hendro memastikan akan segera menghadirkan pengurus perempuan tersebut ke KPU, agar partainya bisa dinyatakan lolos oleh verifikasi faktual oleh KPU.

"Besok harus bisa hadir. Kita akan jemput. Harus hadir, kita kepingin kan memenuhi syarat. Ketidakhadiran satu orang saja jadi masalah, waluapun legalitas, KTP dan KTA lengkap tetapi tidak bisa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya